UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 1 KALITENGAH MELALUI PENDEKATAN COMMUNITY LEARNING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar IPS di kelas VII-E SMP Negeri 1 Kalitengah. Setelah menerapkan metodeleraning community, terdapat
perbedaaan suasana di dalam kelas. Hasil belajar siswa menunjukkan perubahan yang baik. Beberapa temuan telah di dapat ole penelitiberdasar pada observasi
dan data kuantitatif. Hal-hal tersebut meliputi; 1) Hasil pembelajaran kondisi awal IPS Kompetensi Dasar mendeskripsikan keragaman bentukmuka bumi, proses
pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan melalui pendekatan community learning diperoleh data dimana pada masa prasiklus mencapai rata – rata 63,33 dan hanya 50 % siswa mencapai nilai 75 atau > 75. Padahal idealnya minimal harus mencapai 100% siswa mendapat 75 atau > 75. 2) Hasil belajar pada siklus I terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 69,89 dan sebanyak 65 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 90. 3) Hasil belajar pada siklus II terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 83.3 dan sebanyak 90 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 100.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.