PEMANFAATAN APLIKASI MAHARIS (MAKANAN HALAL DAN HARAM DALAM ISLAM) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VI SD

  • Nur Cantika Utami Universitas Pendidikan Indonesia
  • Neng Siti Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Sumedang
  • Diding Aji Setiabudi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Sumedang
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Sumedang

Abstract

Perkembangan teknologi memunculkan inovasi-inovasi baru untuk mendukung kegiatan
pembelajaran, salah satunya adalah pengembangan media pembelajaran berbasis tekonologi.
Tujuan penelitiaan ini untuk mengetahui efektivitas dari sebuah inovasi media pembelajaran
berupa aplikasi yang bernama MAHARIS (Makanan Halal dan Haram dalam Islam) yang
berisikan materi mengenai makanan halal dan haram sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode Design and Development (D&D) atau desain,
pengembangan yang berfokus pada pengembangan suatu produk, mulai dari perencanaan,
pengembangan hingga evaluasi, dengan lokasi penelitian di SDN Haurpugur 04, Kec.Rancaekek.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa meningkat dapat mengenal
makanan halal dan haram sesuai dengan syariat agama Islam. Sebagai contoh penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari menjadi sadar akan hal tersebut dan membeli makanan dengan cara
yang halal, khususnya siswa kelas VI SD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-02
How to Cite
Utami, N., Siti, N., Setiabudi, D., & Aeni, A. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI MAHARIS (MAKANAN HALAL DAN HARAM DALAM ISLAM) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VI SD. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 1-20. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6352
Section
Articles