Dina KAJIAN PSIKOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA (STUDI PUSTAKA)
Studi Pustaka
Abstract
Bahasa memiliki peran penting bagi kehidupan kita dalam sehari-hari maka dari itu bahasa memiliki fungsi dan peran. Psikolinguistik termasuk ilmu yang menjelaskan proses-proses psikologis yang terjadi karena manusia mewujudkan kalimat dan memahami kalimat yang didengar ketika sedang berkomunikasi dan cara manusia dalam memperoleh bahasa. Dengan memahami psikolinguistik guru dapat melihat, menelaah, dan mengevaluasi proses yang terjadi dalam diri siswa ketika belajar bahasa sehingga apabila dalam prosesnya terjadi suatu kesalahan, guru dapat mengamatinya melalui ilmu psikologi dalam tiga ranah, yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (studi kepustakaan). Studi pustaka ini dilakukan dengan berfokus kepada kajian psikolinguistik pada pengajaran atau pembelajaran bahasa yang bertujuan untuk mengetahui pentingnya psikolinguistik terhadap pembelajaran bahasa. Teknik pengolahan data pada penelitian yaitu, dengan melakukan observasi, mereview, mencatat dan mengumpulkan data yang relevan yang sesuai dengan objek kajian pada penelitian ini. Pembelajaran bahasa dapat dikatakan mencakup dua hal, yaitu bahasa dan kegiatan berbahasa. Kegiatan berbahasa yang dilakukan siswa pada dasarnya berlangsung secara mekanistik dan mentalistik. Masalah-masalah pembelajaran bahasa akan muncul dari setiap komponen pembelajaran yang meliputi: siswa, guru, kurikulum, lingkungan tempat belajar, dan sarana/prasarana. Tujuan utama pelaksanaan pembelajaran bahasa, yaitu agar siswa mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan bahasa yang baik dan benar.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.