PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

  • Khotimah Suryani Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: Bahasa Arab, pembelajaran, problem, linguistik

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi manusia yang utama, sehingga kesalahan dalam pengungkapan sebuah bahasa akan menyebabkan salah dalam  pemahaman juga. Bagi orang Indonesia, Bahasa arab adalah bahasa asing yang di dalamnya memiliki kultur yang berbeda dengan bahasa Indonesia, resiko kesenjangan makna simbol sangat dekat. sehingga dalam pengajaran Bahasa Arab terdapat beberapa problematika. Bahasa arab merupakan bahasa yang unik dibanding dengan bahasa lainnya. Terdapat problem linguistik, seperti fonetik, morfologi, dan struktur, dan problem non-linguistik, antara lain, motivasi belajar, sarana belajar, metode pengajaran, waktu belajar, dan lingkungan pembelajaran Persoalan pembelajaran bahasa sangat bervariasi sesuai dengan usia pelajar dan lingkungan tempat belajar Sebagai alternatif untuk mengatasi kesulitan tersebut, maka dalam pengajaran Bahasa Arab diperlukan adanya metode yang baik dan pendekatan yang tepat dari seseorang guru dan juga didukung dengan kemauan siswa, agar tujuan mempelajari Bahasa tersebut dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-20
How to Cite
Suryani, K. (2016). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 62-78. Retrieved from https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1194
Section
Articles