PROSEDUR RANCANGAN DAN STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini untuk menerangkan prosedur, rancangan, dan strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa arab. Untuk mencapai keberhasilan belajar maka guru atau Lembaga sekolah formal perlu menyiapkan segala kebutuhan belajar siswa termasuk prosedur, rancangan dan strategi pengelolaan kelas. Pada artikel yang disajikan penulis mengaplikasikan kajian dalam bentuk deskriptif Yakni dengan melakukan penyajian terkait suatu gambaran secara lengkap dalam wujud verbal atau secara numerikal dan juga berupaya menyajikan suatu informasi yang sifatnya dasar terkait suatu keterkaitan serta melakukan eksplorasi yang berkaitan pada suatu peristiwa dan juga terkait kenyataan di lingkungan sosial. Berdasar pada pembahasan yang telah disajikan maka penulis berupaya Memberikan suatu gambaran garis besar bahwasanya terkait suatu prosedur yang digunakan untuk melakukan pengelolaan kelas dipahami sebagai suatu langkah-langkah yang dapat dilaksanakan oleh tenaga pendidik pada upaya melakukan pengelolaan terhadap kelas. Prosedur terkait diketahui menyangkut suatu dimensi dalam upaya pencegahan atau secara umum disebut dengan preventif dan juga terkait dimensi penyembuhan yang disebut juga sebagai kuratif. Rancangan terkait pengelolaan kelas yaitu rangkaian aktivitas yang dilakukan penyusunan dengan secara sistematis dengan dimilikinya tujuan untuk diciptakannya suatu keadaan kelas yang sifatnya kondusif, sehingga suatu Pembelajaran dapat dilaksanakan secara tepat atau secara optimal.
Downloads
References
Anni, Catharina Tri. Psikologi Belajar, Semarang: UPT UNNES Press, 2006. Badudu, J.S. dan S.M. Zaid, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.
Fathurohman, Pupuh dan M Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT.Refika Aditama, 2007.
Harlock, Elizabeth. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga, 2011.
Izzan, Ahmad Metodologi Pembelajaran Bahasa arab. Bandung. Humaniora, 2009)
Jones, Vern dan Louise Jones, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta: Kencana, 2012.
Jososuroto, kinayati: filsafat bahasa. ( Yogyakarta pustaka book publisher. 2007)
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.
Nurhadi, A Muljani. Administrasi Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 1983.
Piet dan A.Sahertian. Piet. Dimensi Administrasi Pendidikan.Surabaya:Usaha Nasional .1994
Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2004.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
Sodikin, dkk, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Airlangga, 2002.
Subroto. B.sury. Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah.Jakarta :Bina Aksara. 1988
Suja’i, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab.(semarang:walisongo, 2008)
Yasin, Sulchan, Kamus Pintar Bahasa Indonesia, Surabaya: Amanah Surabaya, 1995.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.