PROSEDUR RANCANGAN DAN STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

  • Khotimah Suryani Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Prosedur, Rancangan, Strategi Pengelolaan Kelas, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini untuk menerangkan prosedur, rancangan, dan strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa arab. Untuk mencapai keberhasilan belajar maka guru atau Lembaga sekolah formal perlu menyiapkan segala kebutuhan belajar siswa termasuk prosedur, rancangan dan strategi pengelolaan kelas. Pada artikel yang disajikan penulis mengaplikasikan kajian dalam bentuk deskriptif Yakni dengan melakukan penyajian terkait suatu gambaran secara lengkap dalam wujud verbal atau secara numerikal dan juga berupaya menyajikan suatu informasi yang sifatnya dasar terkait suatu keterkaitan serta melakukan eksplorasi yang berkaitan pada suatu peristiwa dan juga terkait kenyataan di lingkungan sosial. Berdasar pada pembahasan yang telah disajikan maka penulis berupaya Memberikan suatu gambaran garis besar bahwasanya terkait suatu prosedur yang digunakan untuk melakukan pengelolaan kelas dipahami sebagai suatu langkah-langkah yang dapat dilaksanakan oleh tenaga pendidik pada upaya melakukan pengelolaan terhadap kelas. Prosedur terkait diketahui menyangkut suatu dimensi dalam upaya pencegahan atau secara umum disebut dengan preventif dan juga terkait dimensi penyembuhan yang disebut juga sebagai kuratif. Rancangan terkait pengelolaan kelas yaitu rangkaian aktivitas yang dilakukan penyusunan dengan secara sistematis dengan dimilikinya tujuan untuk diciptakannya suatu keadaan kelas yang sifatnya kondusif, sehingga suatu Pembelajaran dapat dilaksanakan secara tepat atau secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Khotimah Suryani, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Assalamualaikum, wr, wb. saya berharap artikel sy dapat diterim dan di publish pada jurnal Dar el Ilmi. Terimakasih

References

A, Alfiani D. “Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Anak 2, No.1 (2016).

Anni, Catharina Tri. Psikologi Belajar, Semarang: UPT UNNES Press, 2006. Badudu, J.S. dan S.M. Zaid, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.

Fathurohman, Pupuh dan M Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT.Refika Aditama, 2007.
Harlock, Elizabeth. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga, 2011.
Izzan, Ahmad Metodologi Pembelajaran Bahasa arab. Bandung. Humaniora, 2009)

Jones, Vern dan Louise Jones, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta: Kencana, 2012.

Jososuroto, kinayati: filsafat bahasa. ( Yogyakarta pustaka book publisher. 2007)

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.

Nurhadi, A Muljani. Administrasi Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 1983.

Piet dan A.Sahertian. Piet. Dimensi Administrasi Pendidikan.Surabaya:Usaha Nasional .1994

Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2004.

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Sodikin, dkk, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Airlangga, 2002.

Subroto. B.sury. Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah.Jakarta :Bina Aksara. 1988


Suja’i, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab.(semarang:walisongo, 2008)

Yasin, Sulchan, Kamus Pintar Bahasa Indonesia, Surabaya: Amanah Surabaya, 1995.
Published
2023-11-14
How to Cite
Suryani, K. (2023). PROSEDUR RANCANGAN DAN STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 10(2), 151-169. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v10i2.4895
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)