Pengaruh Produk Pembiayaan Kafalah Haji Terhadap Kepuasan Anggota Di Koperasi Syari’ah BMT NU Ngasem Jawa Timur Cabang Sroyo”
Abstract
Haji termasuk rukun Islam yang ke lima. Haji dilaksanakan bagi orang yang mampu, artinya mampu secara ilmu, fisik, dan material. Akan tetapi dengan adanya suatu kendala, masyarakat Muslim masih banyak yang belum melaksanakan ibadah tersebut. Antara lain dari kendala tersebut ialah masalah biaya pendaftaran yang setiap tahunnya naik, serta kuota yang sangat terbatas. Dalam hal ini, Kopsyah BMT NU Ngasem Jawa Timur Cabang Sroyo memberikan penawaran berupa produk kafalah yang diharapkan mampu membantu anggota untuk menunaikan ibadah Haji.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel yaitu produk pembiayaan kafalah haji dan kepuasan anggota. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data skunder. Data primer yang digunakan adalah hasil dari wawancara maupun kuesioner di Kopsyah BMT NU Ngasem Jawa Timur Cabang Sroyo. Sedangkan, data sekunder yang digunakan adalah seluruh data-data terkait yang relevan dengan pembahasan yang bersumber dari website, jurnal, maupun buku. Objek dari penelitian ini adalah anggota yang mendaftar kafalah haji, dengan populasi 207 orang dan sample 136 orang. Selanjutnya, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, data diolah dengan IMB SPSS statistics 22.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara ivariabel kualitas produk dan pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan anggota pada Kopsyah BMT NU Ngasem Jawa Timur Cabang Sroyo. Dalam penelitian diperoleh nilai F hitung sebesar 21,619 dengan tingkat signifikan 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,000<0,05, maka iHo ditolak atau Ha diterima. Hal ini diartikan bahwa kualitas produk dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan anggota pada Kopsyah BMT NU Ngasem Jawa Timur Cabang Sroyo.
Downloads
References
Arifin, Ardiansyah. 2015. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Kafalah Bi Al-Ujrah Pada Produk Pembiayaan Kafalah Haji (Pkh) Di Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah Bmt-Ugt Sidogiri Cabang Surabaya. Undergraduate Thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Buchori, Nur S. 2009. Koperasi iiSyariah. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Buchori, Nur Syamsudin. 2012. Koperasi Syari’ah Teori dan Praktik. Tangerang: Pustaka Aufa Media.
Cahyani, Indah Gita. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Bmt AlHikmah Cabang Karangjati. Skripsi. Yogyakarta: UIN Walisongo Semarang.
Hasil wawancara dengan Manager Kopsyah BMT NU Jawa Timur Cabang Sroyo. Selasa, 20 Juli 2021 Pukul 11:00.
Hamid, A., & Farihah, I. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Kreativitas Bisnis Serta Pengaruhnya Terhadap Keuntungan Pengusaha Konfeksi. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 6(2), 93-108. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v6i2.4771
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hosen, Nadratuzzaman. 2007. Kamus Populer Keuangan dan Ekonomi Syari’ah. Jakarta: pks publishing.
Izwa, Saifuddin. 1997. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka iiIlmu.
Kuswana, Dadang. 2011. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Pustaka iSetia.
Kotler. 1985. Manajemen Pemasaran Edisi Keempat. Bandung: Penerbit Erlangga.
Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
Majelis Ulama Indonesia. 2006. Himpunan Fatwa Dewan Syari’ah Nasional MUI Jilid 1. Jakarta: CV. Gaung Persada.
Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ridwan, Muhammad. 2004. Manajemen Baitul Mal wa al-Tamwil. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Press.
Sauri, Supian. 2016. Analisis pengaruh kualitas pelayanan islami terhadap kepuasan dan kepercayaan anggota di pusat koperasi syari’ah alkamil jawa timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Stanton, William J. 1996. Prinsip Pemasaran jilid I edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta Barat: PT INDEKS.
Yunus, Mahmud. 1989. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.
Zulganef. 2008. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: iGraha Ilmu.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.