Perilaku Konsumen dalam Ekonomi Islam

  • Nurul Wahida Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Idris Parakkasi
  • Sudirman Sudirman UIN Alauddin Makasar
Keywords: Consumer Behavior, Muslim Consumers, Islamic Economics

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menerapkan evaluasi mendalam melalui metode pengumpulan data sekunder, antara lain penelitian kepustakaan dan pencarian internet. Data diperoleh dari jurnal dan artikel yang fokus pada perilaku konsumen. Hasilnya menunjukkan bahwa perilaku konsumen melibatkan tindakan dan interaksi sosial individu, kelompok, atau organisasi dalam mengevaluasi, memperoleh, dan menggunakan barang atau jasa melalui proses pertukaran atau pembelian. Faktor-faktor seperti budaya, sosial, pribadi, dan psikologis mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam konteks ekonomi Islam, perilaku konsumen ditekankan pada kelengkapan dan etika dalam keseluruhan prosesnya. Konsumen muslim diimbau menghindari gaya konsumsi berlebihan yang didasari nafsu, karena bertentangan dengan nilai-nilai Islam dan dapat merugikan kehidupan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-03
How to Cite
Wahida, N., Parakkasi, I., & Sudirman, S. (2024). Perilaku Konsumen dalam Ekonomi Islam. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 7(2), 151-169. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v7i2.6556
Section
Articles