Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program KM-Kampus Merdeka Bagi Mahasiswa PPKn FIS UNIMED Batch

  • Muhammad Yoga Pratama Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Medan
  • Ayu Novidaniati Rusnita Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Medan
  • Octa Vioni Pinem Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Medan
  • Theresia J.R Saragih Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Medan
  • Julia Ivana Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Medan
Keywords: Kampus Mengajar Program, challenges, communication, training, collaboration, quality of education

Abstract

This research investigates the challenges faced by students participating in the Kampus Mengajar (KM) program in schools. Through an in-depth qualitative analysis, it was found that these challenges include mismatched expectations, lack of understanding from both the university and school parties, and practical obstacles in the program's implementation. Solution-oriented steps such as enhancing communication, training, and collaboration are proposed to address these challenges. The findings of this research provide valuable insights for improving the effectiveness of the KM program and enhancing the quality of education at the primary and secondary school levels.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan kewirausahaan, 9(1), 210-219.
Habibah, M., & Wahyuni, S. (2020). Literasi agama islam sebagai strategi pembinaan karakter religius siswa rakmal hikmah kediri. JCE (JournalofChildhoodEducation), 4(1), 46-61.
Insani, N. N., Fitriasari, S., & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 5(2), 245-251.
Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). Analisis konsep kampus merdeka dalam perspektif pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Warga Global: Jurnal Ilmiah Studi Pendidikan Kewarganegaraan, 10-23.
Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 37-66.
Supardi, U. S. (2015). Arah pendidikan di Indonesia dalam tataran kebijakan dan implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Suparman, H. (2023). Paradigma Pendidikan Untuk Meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia). Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(3), 302-311.
Suhartono, O. (2021). Kebijakan merdeka belajar dalam pelaksanaan pendidikan di masa pandemi covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).
Khasanah, E. N., Anwar, M. K., & Purnama, N. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di Sekolah Dasar. SaraqOpat: Jurnal Administrasi Publik, 4(2), 71-83.
Shafira, P. C., Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. (2023). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6585-6597.
Ismail, I., & Busa, Y. (2023). Melangkah bersama untuk pendidikan berkualitas melalui implementasi program kampus mengajar 5. MaspulJournalofCommunityEmpowerment, 5(1), 40-51.
Wulandari, D., Febry, N., Hartatmaja, A. K. J., Mangula, I. S., & Sabrina, O. A. (2022). Evaluasi implementasi program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) di tingkat program studi: Studi di Universitas Paramadina. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(01).
Program Kampus Mengajar Dinilai Tidak Konsisten: Terjadi Kendala pada Dana BBH. (2024, Mei 3). Diakses pada tanggal 25 Mei 2024, dari https://pabelan-online.com/2024/05/03/program-kampus-mengajar-dinilai-tidak-konsisten-terjadi-kendala-pada-dana-bbh/
Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). Tantangan Pemenuhan Hak-Hak Mahasiswa Dan Penguatan Kompetensi Kewarganegaraan Melalui Kebijakan Kampus Merdeka. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(1), 46-56.
Hastangka, H., & Hidayah, Y. (2023). Kebijakan Dan Manajemen Pendidikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka: Persoalan Dan Tantangan. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 1-16.
Ramadhan, S., & Megawati, S. (2023). Implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dalam meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa di universitas Negeri Surabaya. Publika, 1581-1592.
Fatmawati, N. I., Nugraheni, A. S., & Sholikin, A. (2020). Analisis kekerasan simbolik dalam buku pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 40–53.
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.
Sholikin, A. (2021). Kajian Model Demokrasi: Teori dan Paradigma. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 13(02), 168–184.
Sholikin, A., & Oktaviana, D. (2023). Implementation of The" Gemilang" Program in Improving The Quality of Public Services at The Population and Civil Registration Office of Lamongan District. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(02), 364–380.
Published
2024-02-29
How to Cite
Pratama, M., Rusnita, A., Pinem, O., J.R Saragih, T., & Ivana, J. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program KM-Kampus Merdeka Bagi Mahasiswa PPKn FIS UNIMED Batch. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(01), 207-219. Retrieved from https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/6610