Publication Ethics

Jurnal Madani merupakan jurnal terbitan berkala yang mempublikasikan hasil penelitian dan berbagai artikel yang terkait dengan Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal dan Kebijakan Publik.

Etika Editor

  1. Naskah yang masuk menjadi tanggung jawab Editor untuk menelaah secara menyeluruh, transparan, objektif dan adil. Editor juga memiliki kewenangan untuk memutuskan layak atau tidak suatu naskah untuk dipublikasikan, dengan tetap melalui rapat dewan redaksi. Kebijakan dewan editorial dan berbagai ketentuan hukum yang berlaku mengenai hak cipta, nama baik dan plagiarisme bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
  2. Editor bertanggung jawab dalam memberi informasi terkait ketentuan dan panduan penulisan secara jelas dan mudah untuk diakses oleh calon penulis.
  3. Editor juga harus memastikan bahwa seluruh naskah yang direview dapat direview oleh reviewer dan segala ketentuan tesebut dapat dibaca dengan jelas.
  4. Editor harus objektif, netral, dan jujur dalam mengedit naskah, tanpa membedakan jenis kelamin, sisi bisnis, suku, agama, ras, antar-golongan, dan kewarganegaraan penulis.
  5. Editor dan tim editorial berkewajiban menjaga kerahasiaan penulis dan dilarang mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  6. Naskah yang masuk menjadi tanggung jawab editor dan tim editorial serta tidak akan disalahgunakan, baik seluruhnya maupun sebagian untuk kepentingan pribadi. Naskah yang tidak dipublikasikan akan dikembalikan kepada penulisnya.

Etika Reviewer

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap review yang dilakukan dengan memberikan berbagai pertimbangan serta rekomendasi yang jelas, terukur dan komprehensif. Reviewer harus merespon naskah dalam waktu yang sudah ditentukan (4 minggu).
  2. Reviewer harus jujur, objektif, tidak bias, independen, dan hanya berpihak pada kebenaran ilmiah. Proses penelaahan naskah dilakukan secara profesional tanpa membedakan jenis kelamin, sisi bisnis, suku, agama, ras, antar-golongan, dan kewarganegaraan penulis
  3. reviewer harus memastikan bahwa sumber referensi dan kutipan naskah telah sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Reviewer diharuskan selalu menjaga kerahasiaan informasi terkait naskah dan penulis untuk keuntungan pribadi.

 Etika Penulis

  1. Penulis bertanggung jawab terhadap naskah yang dikirim ke jurnal CosmoGov dan menyatakan bahwa naskah dikirim adalah naskah yang benar sebagai hasil penelitiannya sendiri atau pemikirannya, orisinil sebagai karya sendiri dan tidak memanipulasi data, jujur dan bebas plagiarisme.
  2. penulis harus menginformasikan bahwa naskah yang dikirim/diserahkan ke redaksi adalah naskah yang belum pernah dikirimkan/diserahkan ke penerbit jurnal/publikasi lain. Apabila ditemukan adanya “redudansi” pengiriman naskah ke penerbit lain, maka redaksi akan menolak naskah yang dikirimkan penulis..
  3. Penulis harus menunjukkan kutipan dan rujukan yang diperoleh dari karya orang lain dan dilarang merubahnya atau mengalihnamakan sumber tersebut.
  4. Penulis tidak akan berkeberatan jika naskah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.
  5. penulis harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga naskah dapat diproses secara lancar dan aman.

 Etika Pengelola Jurnal

  1. Pengelola jurnal bertanggungjawab menerbitkan artikel yang setelah melalui proses editing, peer review, layout sesuai dengan aturan penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Pengelola jurnal bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya maisng-masing.
  3. Pengelola jurnal bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.