PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN PAPAN DETERMINAN UNTUK MELATIH PARTISIPASI AKTIF SISWA PADA MATERI ALJABAR

  • Adelia Tiara Agustina Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Abdur Rohim Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Heny Ekawati Haryono Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, partisipasi aktif, Two Stay Two Stray

Abstract

Penelitian ini hadir dengan didasari oleh minimnya keaktifan belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi. Penelitian ini dibuat untuk memperbaiki proses pembelajaran juga melatih partisipasi aktif siswa dalam belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian ini masuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi semester genap tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 21 siswa dan diambil 6 siswa sebagai subjek. Instrumen yang dipakai berupa lembar pengamatan dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini  model Two Stay Two Stray terbukti dapat melatih partisipasi aktif siswa dengan rata-rata skor indikator keaktifan belajar yang diperoleh sebesar 95% yang artinya tergolong siswa dengan keaktifan belajar sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmana, A. T., Rohim, A, Kurniawan, M, Kholiqin, A., & Laili, N. (2023). Bimbingan Belajar Sebagai Program Pemulihan Pendidikan Padamasa Pandemi Covid-19 di Desa Ngayung. Jurnal PADI–Pengabdian Masyarakat, Dosen Indonesia, 6(1): 7-12.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1): 33-54.

Irawan, H. & Istianah, A. (2023). Implementasi Model Two Stay Two Stray (TS-TS) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Al Burhan, 3(2): 52-59.

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas XI MIPA 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2): 71-77.

Melikhatun. (2017). Implementasi Metode Two Stay Two Stray (TS-TS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Mushfi, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1): 30-40.

Putra R. H. & Sihombing, W.L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10): 1387-1397.

Qistiyah, W. E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Kerja Sama Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X IPA di MA Al Amien Sabrang Ambulu. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

Rafianti, I. (2016). Keaktifan Belajar Matematika Siswa SD dengan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Alat Peraga. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Rohim, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika Disertai dengan Contoh Media Pembelajaran Matematika. Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan 2021.

Rohim, A. &Prayogi, B.T. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 9(1): 65-75.

Salsabila, A. (2021). Pengaruh Model Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SMP. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Published
2024-06-30