Digitalisasi Pemberian Feedback pada Karya Tulis Siswa melalui Video Screencast sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris

  • Ericha Estefania Santung Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Syifa Khuriyatuz Zahro Universitas Islam Darul Ulum
Keywords: feedback, screencast, keterampilan menulis

Abstract

Salah satu kesulitan pengajaran menulis bahasa Inggris yang dialami oleh guru adalah pemberian feedback yang tepat sehingga siswa beranggapan bahwa mereka kurang dapat memahami feedback yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi video Screencast dalam pemberian feedback dalam upaya memberikan feedback digital yang lebih detail agar siswa memahami apa yang harus direvisi sehingga meningkatkan kualitas karya tulis siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan 30 siswa kelas X Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Wachid Hasjim Maduran dengan tiga siklus. Siklus pertama adalah pemberian feedback menggunakan fitur komentar di Microsoft Word, siklus kedua menggunakan video screencast tangkapan layar komentar tulis ditambah dengan komentar lisan berupa audio, sedangkan siklus ketiga menambah visual guru dalam pemberian feedback video sreencast. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 63% siswa merasakan feedback video Screencast memberikan dampak positif terhadap pembelajaran menulis berdasarkan keterbantuan, kejelasan, dan kemudahannya setelah mereka menonton video feedback dalam merevisi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-29