PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA PANILA (PAPAN PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA MALANG

  • Citra Helmi author
  • Lilik Sri Hariani
  • Choiriyah Rukmini
Keywords: Pendidikan Pancasila, Media, Hasil Belajar

Abstract

Salah satu pendidikan yang sangat penting dalam membentuk karakter yaitu pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa Kelas V di SDN Kota Malang melalui penerapan media PANILA (Papan Penerapan Nilai-Nilai Pancasila) dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis Problem Based Learning. Metode penelitian ini menggunakan desain PTK yang melibatkan dua siklus pembelajaran yang dilakukan dalam pre-test, danĀ  2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan untuk melihat hasil dari peningkatan aktivitas belajar siswa melalui media (PANILA) dengan subjek penelitian berjumlah 27 siswa. Penggunaan Media PANILA dan model Problem Based Learning dapat menjadi alternatif yang bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila dan mengintegrasikannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media PANILA dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa Kelas V SD Negeri Kota Malang. Pada pre-test ketuntasan nilai siswa sebesar 25,92%, siklus I siswa yang mendapatkan nilai ketuntasan sebesar 62,96%, Sedangkan pada pembelajaran siklus II siswa yang mendapatkan nilai ketuntasan sebesar 80,19%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan Media PANILA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-29