PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA MTs AL ISLAHIYAH KABUPATEN LAMONGAN

  • Eny Setiawati, Mrs Universitas Gresik
Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, motivasi kerja, kinerja guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pada MTs. Al-Islahiyah Kabupaten Lamongan sebanyak 25 orang. Dari hasil uji t untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah diperoleh nilai thitung sebesar 3,650 lebih besar dibandingkan nilai t-tabel sebesar 2,0796 dengan nilai signifikansi 0,001<alpha 0,05 sehingga variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap variabel kinerja guru. Untuk variabel budaya organisasi (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 2,700 lebih besar dibandingkan nilai ttabel sebesar 2,0796 dengan nilai signifikansi 0,013<alpha 0,05 sehingga variabel budaya organisasi berpengaruh terhadap variabel kinerja guru. Untuk variabel motivasi kerja (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 4,625 lebih besar dibandingkan nilai t-tabel sebesar 2,0796 dengan nilai signifikansi 0,000 < alpha 0,05 sehingga variabel motivasi kerja berpengaruh terhadap variabel kinerja guru. Selanjutnya dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 45,549>F-tabel sebesar 3,07 dengan nilai signifikansi 0,000<alpha 0,05 sehingga variabel kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru. Adapun dari hasil uji R2 diperoleh hasil sebesar 0,848. Hasil ini menunjukkan bahwa sebesar 84,8% variabel kinerja guru dipengaruhi oleh variabel kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi kerja sedangkan sisanya sebesar 15,2% dipengaruhi oleh variabelvariabel lain di luar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30