PENERAPAN METODE FIELD VISIT UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ADAPTASI MAKHLUK HIDUP PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IX-A SMPN 2 KUTOREJO

  • Sugiamah Sugiamah SMPN 2 Kutorejo Mojokerto
Keywords: Prestasi Belajar, Adaptasi Makhluk Hidup, Field Visit

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas IX-A SMP Negeri 2 Kutorejo Mojokerto tahun pelajaran 2021/2022, banyak mengalami kendala yang sangat krusial. Pada ulangan harian tentang adaptasi makhluk hidup, nilai rata–rata kelas yang didapat hanya sebesar 54,5 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 41,9%. Hal ini menunjukkan bahwa  ada 13 siswa dari 31 siswa sudah tuntas belajar. Pembelajaran belum mencapai ketuntasan klasikal, karena siswa yang memperoleh nilai ³ 70 hanya sebesar 41,9% lebih kecil dari persentase ketuntasan yang dikehendaki sebesar 85%. Maka perlu diterapkan metode field visit.  Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan (action research) karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian dilaksanakan tanggal 5 Oktober 2022 sampai 15 Desember 2022. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh simpulan bahwa penerapan metode field visit dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang adaptasi makhluk hidup. Penerapan metode field visit pelajaran IPA tentang adaptasi makhluk hidup, dimulai dengan memberi tugas kepada setiap kelompok untuk mendiskusikan pengelompokan hewan dan tumbuhan yang ditemui selama perjalanan berdasarkan persamaannya bentuk fisiknya. Selanjutnya menghubungkan adaptasi makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan  Pada siklus selanjutnya, siswa diberi tugas mendiskripsikan ciri-ciri mahluk hidup berikut hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31