PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG SEJARAH HINDU BUDDHA DI KELAS VII-C SMPN 2 KUTOREJO DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

  • Sundaryani Sundaryani SMPN 2 Kutorejo
Keywords: hasil belajar, sejarah hindu, buddha, problem based learning

Abstract

Pembelajaran IPS di kelas VII-C SMP Negeri 2 Kutorejo Mojokerto, belum seluruhnya menggambarkan kegiatan pembelajaran yang berbasis pada kegiatan siswa. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil ulangan harian tentang Peninggalan Sejarah Hindu Buddha. Pada ulangan harian, diperoleh nilai rata–rata kelas sebesar 54,5 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 41,9%. Hal ini menunjukkan bahwa  ada 13 siswa dari 31 siswa sudah tuntas belajar. Pembelajaran belum mencapai ketuntasan klasikal, karena siswa yang memperoleh nilai ³ 70 hanya sebesar 41,9% lebih kecil dari persentase ketuntasan klasikal sebesar 85%. Maka melalui penelitian tindakan ini, peneliti ingin meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menerapkan model problem based learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Analisis data penelitian ini adalah deskriptif persentase. Data hasil penelitian yang dianalisis meliputi rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar secara klasikal. Selanjutnya hasil analisis data diperolah baik kualitataf maupun kuantitatifBerdasarkan uraian pembahasan, diperoleh simpulan bahwa  model problem based learning sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar IPS tentang Peninggalan Sejarah Hindu Buddha. Penerapan model problem based learning pada pelajaran IPS tentang Peninggalan Sejarah Hindu Buddha, diawali dengan memberikan tugas kepada siswa untuk mengadakan observasi dan wawancara kepada masyarakat sekitar tentang agama dan tradisi yang dilaksanakan. Pada kegiatan pembelajaran lanjutan, siswa diberi tugas membuat kliping berikut ulasan /rangkuman dari artikel-ratikel yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31