PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS NASKAH DRAMA DI KELAS XI IPS 2 SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO

  • Subandi Subandi SMAN 1 Sooko Mojokerto

Abstract

Kesulitan belajar bahasa Indonesia yang dialami siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Sooko Mojokerto, tercermin pada rendahnya nilai ulangan harian tentang Menulis Naskah Drama, yang disajikan dalam tiga unsur, yaitu unsur susunan kalimat, unsur ide pokok dan unsur kandungan isi/amanat. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media audio visual sehingga interaksi belajar mengajar yang berlangsung dapat mencapai hasil yang diharapkan. Dalam penelitian tindakan ini, sesudah siklus pertama selesai diimplementasikan, khususnya setelah refleksi dilakukan, kemudian diikuti oleh perencanaan ulang (replaning ) atau revisi terhadap implementasi siklus sebelumnya. Penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus, dimana pada masing–masing siklus dikenai perlakuan yang sama (alur kegiatan yang sama) dan membahas satu sub pokok bahasan yang diakhiri dengan tes formatif di akhir masing–masing putaran. Data lembar observasi diambil dari dua pengamatan yaitu data pengamatan pengelolaan pembelajaran dan data pengamatan aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa penerapan media audio visual diawali dengan memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan pengamatan terhadap cuplikan film yang diputar di depan kelas. Siswa mencatat hal-hal yang terjadi dalam cuplikan film. Selanjutnya, siswa diberi tugas menyusun kerangka karangan dari cuplikan film yang dibaca/dilihat. Siswa menyusun naskah drama dari kerangka karangan yang telah terbentuk dengan bahasanya sendiri. Penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Menulis Naskah Drama pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini berdasar atas nilai post test yang terus meningkat dari siklus pertama hingga kedua.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-30