ANALISIS NILAI-NILAI ASWAJA DALAM KONTEKS MODERASI BERAGAMA: STUDI KASUS DI SMP NU SIMO KARANGGENENG

  • Khotimatus Sholikhah Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Ulil Hidayah STAIM Probolinggo
  • Vinka Rofi’atur Rikza Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Ahlussunnah wal Jama'ah, Moderasi Beragama, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan nilai-nilai aswaja di SMP NU Simo, serta membentuk peserta didik memiliki sikap moderasi beragama yang dimunculkan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan nilai-nilai aswaja seperti tawasuth, tawazun, i’tidal, tasamuh dan amar ma’ruf nahi munkar pada SMP NU Simo dibuktikan dalam sikap moderasi beragama peserta didik yang sangat baik, berdasarkan penilaian afektif yang telah dilakukan peneliti. Adapun sikap moderasi beragama yang ditampilkan oleh peserta didik yaitu, sikap toleransi antar siswa, saling menghargai ketika berbeda pendapat  dengan sesama teman dan guru, musyawarah, sikap integritas, tenggang rasa, dan sikap solidaritas tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusshomad, Muhyiddin. Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah. Surabaya: Khalista, 2009.
Creswell, W John. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.
Faruq Al Umar. “Politik Dan Kebijakan Tentang Majelis Taklim Di Indonesia ( Analisis Kebijakan Peraturan Menteri Agama No . 29 Tahun 2019 ).” Al-Murabbi 5 (2020). https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/2138.
Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020): 1–22.
Kamali, Mohammad Hasyim. The Middle Path of Moderation in Islam: The Qur’anic Principle of Wasathiyah. Oxford: Oxford University Press, 2015.
Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, 2019.
Milles, Mattew. Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook. USA: SAGE, 2014.
Moesa, Ali Maschan. Nasionalisme Kyai Kontruksi Sosial Berbasis Agama. Yogyakarta: LKIS, 2007.
Sauqi Futaqi. “Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” PROCEEDINGS: Annual Conference for Muslim Scholars, 2018.
Subaidi. Pendidikan Islam Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah. Jepara: UNESSU Press, 2019.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta, 2008.
Wahid, Abdul. Millitasi ASWAJA & Dinamika Pemikiran Islam. Malang: Aswaja Centre UNISMA, 2001.
Wahid Yenny. “Survei Wahid Institute: Intoleransi-Radikalisme Cenderung Naik.” Media Indonesia, 2020. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/284269/survei-wahid-institute-intoleransi-radikalisme-cenderung-naik.
Zainuri Ahmad. “Moderasi Bearagama Di Indonesia.” Intizar 25 (2019). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/5640/3010.
Published
2024-01-18
How to Cite
Sholikhah, K., Hidayah, U., & Rikza, V. (2024). ANALISIS NILAI-NILAI ASWAJA DALAM KONTEKS MODERASI BERAGAMA: STUDI KASUS DI SMP NU SIMO KARANGGENENG. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 60-73. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v7i1.5227
Section
Articles