IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN

  • Sulhatul Habibah Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Mahbub Junaidi Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Khotimatus Sholikhah Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, SDI Ar-Roudloh Miru Lamongan

Abstract

Pendidikan karakter untuk anak Sekolah Dasar memainkan peran penting dalam mencetak generasi unggul bangsa. Dewasa ini masih banyak kasus yang terjadi antar peserta didik yang mencerminkan kurangnya pendidikan karakter, seperti terjadinya perundungan, intoleransi dan kekerasan seksual di dunia pendidikan. Untuk mengatasi hal itu Kemdikbud menawarkan penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Tulisan ini hendak mengkaji implementasi Profil Pelajar Pancasila di SDI Ar-Roudloh Miru Sekaran Lamongan. Hasil penelitian memperlihatkan: Pertama, peran guru di SDI Ar-Roudloh sangat menentukan dalam implementasi profile pelajar Pancasila, kedua, peran orang tua atau wali murid dalam hal ini memantau aktivitas anak dan melaporkannya melalui Connection Book yang diberikan pihak SDI Ar-Roudloh. Ketiga, Evaluasi atas hasil belajar peserta didik selama disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Duryat, Masduki. Analisis Kebijakan Pendidikan; Problem Dan Solusinya Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Yogyakarta: K-Media, 2022.
Efendi, Rinja dan Ningsih. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media, 2022.
Fuad, Fokky. “Islam Dan Ideologi Pancasila, Sebuah Dialektika.” Pancasila 9 (2012).
Lestari, Afdhal dan Dea, M. “Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar.” Basicedu 5, no. Vol. 5 No. 3 (2021) (2021): 1111–1682. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/912.
Mubarok, Gilang Ardela, and Eneng Muslihah. “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAN DAN MODERASI BERAGAMA.” Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2022. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6616.
Muddin, Imam. “INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM WASATHIYYAH DAN NASIONALISME DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 15 MAGETAN.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2020).
Musawwamah, S dan Taufiqurrahman. “Penguatan Karakter Dalam Pendidikan Sistem Persekolahan (Implementasi Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter).” Nuansa; Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam 16, no. Vol. 16 No. 1 (2019) (2019): 40–53. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/article/view/2369.
Puspa, Atalya. “202 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual Di Sekolah, Data Januari-Mei 2023,” 2023. https://mediaindonesia.com/humaniora/586443/202-anak-jadi-korban-kekerasan-seksual-di-sekolah-data-januari-mei-2023.
Salis, W. A. dan Siagian, I. “Perkembangan Kognitif Antara Hubungan Bahasa Dan Proses Berpikir Dalam BErkomunikasi Di Media Sosial.” Didaktik; Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 09, no. Vol 09 No 03 (2023): 789–96.
Sari, N. K dan Linda, D. P. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Journal Dikdas 2, no. Vol. 2 No. 1 (2019): 57–72. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/dikdasbantara/article/view/182.
Sugiono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & K. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sujak dan Aqib, Z. Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Di Sekolah. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2022.
Widiastuti, H. dan Wibowo, A. “Peran Guru Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri Kasihan.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. Vol 7 No 2 (2023) (2023): 150–60.
Winardi, A.D. “Kekerasan Seksual, Perundungan, Intoleransi, Tiga Dosa Besar Di Lingkungan Pendidikan,” 2023. https://voi.id/bernas/261054/kekerasan-seksual-perundungan-intoleransi-tiga-dosa-besar-di-lingkungan-pendidikan.
Zuchron, Danielk. Tunas Pancasila. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, PAUD, Dikdas dan Dikmen, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2021.
Published
2024-04-06
How to Cite
Habibah, S., Junaidi, M., & Sholikhah, K. (2024). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 11(1), 1-20. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v11i1.4900
Section
Articles