PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I BANCAR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017- 2018
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I BANCAR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017- 2018
Abstract
Keterampilan menulis proposal mampu membentuk generasi masa depan kreatif dan inovatif sehingga mampu melahirkan tulisan komunikatif bermanfaat dalam kehidupan. Menulis dengan kreatif perlu dilatihkan dibiasakan agar mampu meningkatkan kemampuan menulis. Kemampuan menulis proposal diperlukan strategi tertentu untuk menguasai materi keterampilan dalam menulis. Melalui penggunaan metode kooperatif tipe Jigsaw kemampuan menulis proposal peserta mengalami peningkatan. Bertolak dari permasalahan menulis proposal peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis proposal siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bancar semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 setelah diberikan pembelajaran melalui metode kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 berlokasi di jalan Desa Bancar-Ngampelrejo Bancar Tuban. Pemilihan objek penelitian tersebut karena peneliti mengajar di kelas XI IPA. Menurut hasil pengamatan peneliti, siswa kelas XI IPA hasil penilaian pembelajaran di kelas belum optimal. Guru belum menggunakan media dan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Peneliti menggunakan strategi Jigsaw agar pembelajaran menulis proposal meningkat. Teknik pelakasanaan penelitian tindakan kelas menulis proposal menggunakan 3 siklus. Siklus pertama diawali identifikasi masalah, pencarian fakta, analisis penemuan masalah. Siklus kedua dan ketiga disusunlah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), reflkesi. Hasil refleksi dipresentasikan untuk menjelaskan dampak hasil tindakan praktik pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan model strategi Jigsaw dalam pembelajaran siswa kelas XI semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 di SMA Negeri 1 Bancar dapat meningkatkan kemampuanya dalam kemampuan menulis proposal siswa.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with PENTAS agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Engagement right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in PENTAS .
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PENTAS .
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.