DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REFLEKSI ABAD XXI TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN RESPON SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN

DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REFLEKSI ABAD XXI TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN RESPON SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN

  • Sujito Sujito SMA Negeri 1 Tuban
Keywords: implementasi, kurikulum 2013, refleksi, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum 2013 sebagai refleksi abad XXI terhadap peningkatan aktivitas dan respon siswa SMA dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Tuban mencakup 31 kelas dengan populasi sebanyak  940 siswa yang melibatkan responden 284 sebagai sampel. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif  implementasi kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa implementasi kurikulum 2013 berdampak positif  terhadap peningkatan motivasi aktivitas dan respon siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar ditandai adanya perubahan sikap yang dimiliki siswa dalam mengikuti pembelajaran sering sekali melakukan aktivitas bekerja sama dalam kelompok proaktif, tanggung jawab, disiplin, peduli, responsif, dan santun dalam pemecahan masalah kompetensi pembelajaran. Implementasi kurikulum 2013 sebagai langkah strategis menghadapi tantangan globalisasi pasar bebas dan tuntutan masyarakat Indonesia masa depan diperlukan sumber daya manusia unggul. Sejalan adanya implementasi kurikulum 2013 transformasi pengetahuan dan keterampilan membuat siswa menjadi kreatif, produktif, cerdas, inovatif untuk mengantisipasi dan memperoleh solusi jika terjadi perubahan zaman era globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-20
How to Cite
Sujito, S. (2017). DAMPAK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REFLEKSI ABAD XXI TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN RESPON SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 7-21. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1126