PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MAPEL AKIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA

DI MI ISLAMIYAH SIMOREJO KEC. WIDANG KAB. TUBAN

  • Retno Nuzilatus Shoimah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Mukhlishotin Mukhlishotin Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Model Course Review Horay, Hasil Belajar, Madrasah Ibtidaiyyah

Abstract

Proses pembelajaran ditandai dengan adanya  hasil belajar. Untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan maka dibutuhkan model pembelajaran yang bisa membuat siswa semangat dalam belajar dan aktif dalam proses pembelajaran, serta tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Namun dalam proses pembelajaran yang ada di MI Islamiyah Simorejo masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga siswa cenderung pasif dan berdampak pada hasil belajarnya. Tujuan penelitian yang hendak dicapai peneliti dari menggunakan model pembelajaran ini adalah : 1) untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran course review horay dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 2.) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV mapel Akidah Akhlak materi Asmaul Husna MI Islamiyah Simorejo dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Simorejo yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Selain itu dengan menggunakan tindakan ini akan diketahui peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar. Terbukti dengan hasil data yang mencapai 85,7%. Hasil belajar siswa kelas IV MI Islamiyah terus mengalami peningkatan dari setiap siklusnya, dari data awal mengalami peningkatan 28,15% yang awalnya hanya 22,85% menjadi 51% pada siklus I. Dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan mecapai 34,7% yang awalnya 51% menjadi 85,7%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Mapel Akidah Akhlak materi asmaul husna di MI Islamiyah Simorejo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-16
How to Cite
Shoimah, R., & Mukhlishotin, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MAPEL AKIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 95-111. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/4885
Section
Articles