IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI MI TARBIYATUL ATHFAL 2 BANGERAN

  • Retno Nuzilatus Shoimah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Adib Fatoni IAIN Kediri
Keywords: Kata Kunci : Karakter Religius, Pendidikan, Budaya Sekolah

Abstract

Abstract

Religious character education as a means of forming and developing religious character in students. This research was conducted at MI Tarbiyatul Athfal 2 Bangeran. because this elementary school implements religious character education based on school culture. Character education is important to be implemented as early as possible. The results of previous research stated that character education is very important to be carried out in the next generation of the nation. This is because a strong character is one of the foundations for improving the quality of human resources. The quality of human resources is not only seen from an intellectual perspective, but a strong character is also very influential. This study was conducted to analyze the implementation of religious character education through school culture at MI Tarbiyatul Athfal 2 Bangeran for the 2021/2022 academic year.

 This study uses a qualitative type with a descriptive approach. Primary data obtained from interviews with informants, namely principals, teachers, and students. Secondary data were obtained from observations, documentation results, and supporting theories. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. Analysis of research data was carried out by (1) data collection, (2) data reduction, (3) data presentation, and (4) drawing conclusions and verification.

 The results of the research analysis show that religious character education through school culture at MI Tarbiyatul Athfal 2 would certainly be better if the culture could be applied maximally to students so that they can proceed towards development and growth towards their respective natures, with a simple example namely shake hands with the teacher before entering the class. The relationship between school culture and culture outside of school is also very influential on the success of student learning which is driven by the function of school culture, which is a place for students to get formal education in order to create a young and quality generation. There are several results that have been achieved in inculcating religious character in the MI Tarbiyatul Athfal 2 school, namely politeness in language, manners in behavior and politeness in dress It is hoped that the results of this study can be an inspiration for teachers and schools in carrying out character education through culture school.

 

Keywords : Religious Character, Education, School Culture

 

Abstrak

Pendidikan karakter religius sebagai sarana pembentukan dan pengembangan karakter religius pada siswa. Penelitian ini dilakukan di MI Tarbiyatul Athfal 2 Bangeran. karena sekolah dasar ini menerapkan pendidikan karakter religius yang didasari dengan budaya sekolah. Pendidikan karakter penting untuk dilaksanakan sedini mungkin. Hasil pene  litian terdahulu menyatakan bahwa pendidikan karakter sangat penting untuk dilakukan pada generasi penerus bangsa. Hal ini karena karakter yang kuat menjadi salah satu dasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia tidak hanya dilihat dari segi intelektual saja, namun karakter yang tangguh juga sangat memengaruhi. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganasilis Implemestasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah Di MI Tarbiyatul Athfal 2 Bangeran Tahun Ajaran 2021/2022.

 Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan informan, yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Data sekunder diperoleh dari hasil observasi, hasil dokumentasi, dan teori yang mendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data penelitian dilakukan dengan (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, serta (4) penarikan simpulan dan verifikasi.

 Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di MI Tarbiyatul Athfal 2 tentunya akan lebih baik jika budaya tersebut dapat diterapkan secara maksimal ke dalam diri peserta didik agar mereka dapat berproses menuju perkembangan dan pertumbuhan menuju fitrahnya masing-masing, dengan contoh sederhana yakni melakukan jabat tangan dengan guru sebelum memasuki kelas. Hubungan antara budaya sekolah dengan budaya luar sekolah pun sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran peserta didik yang didorong oleh fungsi Budaya sekolah, yang mana merupakan tempat bagi peserta didik untuk mendapatkan pendidikan secara formal demi menciptakan generasi muda dan berkualitas. Ada beberapa hasil yang telah tercapai dalam penanaman karakter religius di sekolah MI Tarbiyatul Athfal 2, yakni sopan santun dalam berbahasa, sopan santun dalam berperilaku dan sopan santun dalam berpakaian Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi inspirasi bagi guru dan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan karakter melalui budaya sekolah.

 

Kata Kunci : Karakter Religius, Pendidikan, Budaya Sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Adiyanto. 2016. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Muslim di SMP Taman Harapan Malang”. Skrispsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Albi Anggito dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV jejak.
Almerico, G. M. 2014.Building Character Through Literacy with Children' S Literature. Higher Education Journal. Hal. 26.
Amilosa. 2018. Pembinaan Karakter Religius Santri di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Basic Of Education.
Amirul Hadi dan Haryono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arifin dan Barnawi. 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jakarta: penerrbit Ar-Ruzz Media.
Aryuna Kusuma Tria Dewi, dkk. 2019. Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya SekolahI. Universitas Negeri Malang.
Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Dika Lusyanti dkk. 2020. “Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah DI SDN 058/II Sari Mulya”, Jurnal JuDha_PGSD: Jurnal Dharma PGSD. Universitas Dharmas Indonesia. Hal. 10.
Diky Darmawan. 2018. “Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Kraton Yogyakart”. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Edisi 49
Djunaidy Ghonny dan Fauzan Almansur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hasan, dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Badan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas.
Isa, Anshori. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah.” Halaqa: Islamic Education Journal, 1 (2).
Jusita, M. L. 2006. “Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Dalam Aktivitas Belajar Menggunakan Media Pembelajaran “ Pecango". Dalam Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2006, 1(1). Hal. 2–6.
Komara, Endang. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21”. Sipatahoenan: South East Asian Journal For Youth, Sports & Health Eduvation, Vol 4 (1).
Kurniawan. 2016. Pendidikan Karakter. Yogyakara: Ar-Ruzz Media.
Langgulung, H. 2007. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustala Al-Husna.
Mardiyah. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesoa Di Kelas iv Sekolah Dasar, Terampil”. Vol 4 No 2.
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.
Melani Septi Arista Anggraini. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Meelalui Budaya Sekolah Di SDN Kotagede 3 yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. dalam jurnal Trihayu: jurnal pendidikan ke-SD-an, Vol. 3, Nomor 3. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Hal. 151-158.
Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, Suntingan Rohidi. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexcy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mu’in. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Najib, dkk. 2015. Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Nasirudin. 2010. Pendidikan Tasawuf. Semarang: Rasail Media Group.
Rahim, A., Raisul, S., & Abdoludin. 2016. “Character Issues : Reality Character Problems and Solutions through Education in Indonesia”. Dalam Journal of Education and Practice. Hal. 158–165.
Samani, Muchlas. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Thalha Alhamid, “Resume Instrumen Pengumpulan Data” dalam www.zonareferensi.com/4-April-2018/diakses tanggal 22 Agustus 2020.
Thresia, F. 2015. Integrating Local Culture to Promote Character Education In Teaching Writing. Premise: dalam Journal of English Education.
Utami. 2014. “Pelaksanaan Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Virgustina, N. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan” dalam jurnal KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 5(2). Hal. 365.
Wahyu Suryanti, Eny, and Febi Dwi Widayanti. 2018. “PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS,”
Wahyudin, D 2009. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiguna. 2014. Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Wiyani, N. A. 2013. Konsep, Praktik, & Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zaenul, Agus.22012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Zubaedi 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2023-07-20
How to Cite
Shoimah, R., & Fatoni, A. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI MI TARBIYATUL ATHFAL 2 BANGERAN. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 10(1), 103-119. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v10i1.4731
Section
Articles