UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE TALKING STICK DI MI DARUL ULUM KATEMAS

  • Firda Nur Fahmi Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Nugrahani Eka Putri Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Talking Stick, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan gabungan dari beberapa mata pelajaran yang dikelompokkan dengan tema tertentu yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, hal ini cukup bertolak belakang ketika peneliti menyaksikan pembelajaran yang pasif dan dan kurangnya semangat belajar para siswa dikarenakan kurangnya inisiatif guru dalam menggunakan  sebuah metode pembelajaran. Menyadari permasalahan seperti ini diperlukannya penggunaan metode yang inovatif sehingga mampu meningkatkan semangat belajar para siswa. Tujuan  dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan metode Talking Stick  (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan metode Talking Stick pada pembelajaran tematik kelas II di MI Darul Ulum Katemas. Adapun peningkatan hasil belajar ini dilihat dari prosentase dan nilai rata-rata yang diperoleh para siswa, hal tersebut dapat dilihat ketika sebelum dilakukannya penelitian ini prosentase belajar siswa hanya 45% dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 56,5. Dan saat siklus I prosentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 5% sehingga jumlah prosentase menjadi 50% dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 62,75. Dan saat siklus II prosentase hasil belajar siswa kembali mengalami, namun kali ini cukup signifikan sebesar 25% sehingga jumlah prosentase menjadi 75% dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 69,25.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-10
How to Cite
Fahmi, F., & Putri, N. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE TALKING STICK DI MI DARUL ULUM KATEMAS. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 63-76. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/4883
Section
Articles