STRATEGI GAMIFIKASI PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN PRODI PGMI UNISDA

  • Nisaul Barokati Seliro Wangi Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
  • Firda Nur Fahmi Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Devi Izatul Afidah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Keyword :Strategi, Gamifikasi, Mata Kuliah Kewirausahaan

Abstract

Abstrak

Dalam proses pembelajaran, strategi gamifikasi berperan penting sebagai penentu tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan tercapai jika mahasiswa mampu melakukan komunikasi aktif baik dengan sejawatnya, fasilitator, maupun dengan sumber belajar yang lain. Karakteristik matakuliah kewirausahaan meliputi Pemahaman dan penghayatan tentang kewirausahaan, peranan sikap mental wirausahawan untuk kemajuan diri dan lembaga yang berintikan jiwa wirausaha dan sikap mental entreprenuer melalui pengenalan karakteristik wirausahawan, menumbuhkan minat usaha dan kiat-kiat wirausahawan sukses, pembuatan bisnis plan dan membuat perenanaan bisnis.  Tujuan matakuliah kewirausahaan adalah memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa tentang kewirausahaan yang makin dirasa penting dalam menghadapi era globalisasi. Gamifikasi dan kewirausahaan Memiliki beberapa kaitan (1) strategi gamifikasi dapat memberikan pilihan dan kendali kepada para mahasiswa pada saat membuat proyek bisnis plant, (2) strategi gamifikasi dapat  memupuk rasa percaya diri atas kemampuan mereka mengahadapi dan menyelesaikan tantangan, (3) strategi gamifikasi  menyediakan materi dan  kunci jawabannya pada mataakuliah kewirausahaan, (4) memberi penghargaan atas tambahan pembelajaran yang diambil, serta (5) membantu mahasiswa menjalin interaksi sosial melalui kegiatan kepemimpinan atau interaksi sosial lainnya.

Penelitian pengembangan ini berupaya untuk merancang strategi gamifikasi pada matakuliah kewirausahaan pada  Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, PGMI FAI UNISDA Lamongan. Strategi Gamifikasi yang  dikembangkan memiliki empat dasar komponen permainan, yakni aturan gamifikasi, umpan balik (leaderboards, hadiah, dan medali), tujuan, dan tantangan.Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model lee dan owen dengan tahapan sebagaiberikut, (1) mengganalisis kebutuhan, (2) analisis pre test dan post tes ,(3) desain, (4) pengembangan, (5) implementasi, (6) evaluasi. Hasil pengembangan paket strategi gamifikasi (1) strategi gamifikasi(2) panduan Dosen(3) panduan mahasiswa(4) Buku kewirausahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-15
How to Cite
Wangi, N., Fahmi, F., & Afidah, D. (2019). STRATEGI GAMIFIKASI PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN PRODI PGMI UNISDA. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 9-20. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v2i2.1572
Section
Articles