PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI) BERBASIS KITAB KUNIG DAN SIGNIFIKANSINYA DENGAN KARAKTER SISWA SMA AHMAD YANI 2 BAURENO BOJONEGORO

  • Munir Munir Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
Keywords: Pendidikan Agama Islam , Kitab Kuning, karakter siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan materi Pendidikan Agama Islam yang berbasis kitab kuning di SMA Ahmad Yani  2 Baureno, dan Signifikansinya pelaksanaan Pendidikan Agama islam berbasis kitab kuning terhadap karakter siswa SMA Ahmad Yani 2 Baureno.

Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui,kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi yang juga didukung dengan data-data sekunder yang diambil dari teks-teks yang tentunya terkait dengan tema penelitian ini.

Berdasarkan wawancara, analisa data ,observasi ,hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Kurikulum PAI berbasis kitab kuning sangat berpengaruh baik  dengan karakter siswa di SMA Ahmad Yani Baureno, yang meliputi ketaatan, kedisiplinan, sopan-santun pada guru, teman, orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
Munir, M. (2018). PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI) BERBASIS KITAB KUNIG DAN SIGNIFIKANSINYA DENGAN KARAKTER SISWA SMA AHMAD YANI 2 BAURENO BOJONEGORO. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(2), 1-15. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/edureg/article/view/1616
Section
Articles