ANALISA KINERJA BIAYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG GELANGGANG PRESTASI FIA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE CONCEPT

  • MOH. SHOLAHUDDIN UNIVERSITAS BOJONEGORO
  • Devi Christina Wati Universitas Bojonegoro
Keywords: Proyek Konstruksi, Kinerja Biaya, Cost Performance Index

Abstract

Suatu proyek konstruksi dibutuhkan manajemen yang baik dan mampu mengendalikan setiap aktivitas pekerjaan yang dilaksanakan. Pada proyek Pembangunan Gedung Gelanggang Prestasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya mengalami keterlambatan waktu penyelesaian pekerjaan dengan lama keterlambatan 10 minggu. Pengendalian biaya dilakukan untuk mengetahui besarnya kemajuan dan keterlambatan yang terjadi, karena biaya  merupakan salah satu aspek yang penting yang dapat berpengaruh besar terhadap keberhasilan proyek konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja biaya pada proyek Pembangunan Gedung Gelanggang Prestasi FIA Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concept). Kinerja proyek yang dianalisa berdasarkan indeks kinerja biaya (Cost Performance Index). Perhitungan didasarkan pada BCWS (Budged Cost of Work Schedule), BCWP (Budged Cost of Work Performed) dan ACWP (Actual Cost of Work Performed). Dari hasil analisis diketahui Biaya rencana pekerjaan sebesar Rp. 9.910.696.784,31 sedangkan biaya realisasi sebesar Rp. 8.904.600.000,00 terdapat selisih sebesar Rp. 1.006.096.784,31. sehingga kinerja biaya menunjukkan kinerja yang baik karena biaya yang dikeluarkan lebih kecil daripada biaya rencana ditunjukkan dengan nilai CPI = 1,11 (CPI > 1).

Kata Kunci: Proyek Konstruksi, Kinerja Biaya, Cost Performance Index  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Terhadap Biaya dan Waktu Pada Proyek Konstruksi Bangunan Perumahan (Studi Kasus Proyek Konstruksi Bangunan Perumahan PT. Graha Praja Kencana di Desa Ceguk Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan), Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 03(01).
Desmi, A, 2016, Studi Pengendalian Waktu Dan Biaya Pada Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Simpang Raja Bakong - Tanah Pasir Dengan Menggunakan Konsep Nilai Hasil. Teras Jurnal, 2(4), 272–280.
Dimyati, H., & Nurjaman, K, 2014, Manajemen Proyek, CV Pustaka Setia.
Ervianto, W. I, 2005, Manajemen Proyek Konstruksi. Andi, Yogyakarta.
Gido, J., & Celements, J. P, 2015, Successful Project Management, Sixth Edition, Cengage Learning, Stamford.
Goha, Joshua A., Tisano Tj Arsjad, Pingkan A.K. Pratasis, 2022, Earned Value Analysis Pada Proyek Pembangunan Gedung Barang Bukti Kejari Di Kabupaten Kepulauan Talaud, TEKNO 20(82).
Husen, Abrar, Ir, MT, 2009, Manajemen Proyek, ANDI, Yogyakarta.
Irawan, Jahar., R,A., & Eka Yuliar, 2019, Analisa Pengendalian Biaya dan Waktu dengan Metode Konsep Nilai Hasil pada Proyek Pembangunan Gedung Satpol PP Kabupaten Majalengka, Jurnal J-Ensitec, 05(02).
Istimawan, Dipohusodo, 1996, Manajemen Proyek dan Konstruksi, Kansius.
Kristiana , Retna & Khoirun Nasirin, 2020, Penerapan Earned Value Analysis Sebagai Evaluasi Kinerja Proyek Dari Segi Biaya Dan Waktu, C-Line/Jurnal Teknik Sipil. IX(2).
Mona, Delfini M., Sudenroy Mentang., Novriana A. Pangemanan, 2022, Analisis Pengendalian Biaya dan Waktu Pada Proyek Pembangunan Manado Outer Ring Road III Tahap 1 Dengan Menggunakan Metode Earned Value, Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi Politeknik Negeri Manado, 1(1).
N, Rifqi Auzan., Daniar Rizky S., Suharyanto & Frida Kristiani, 2017, Pengendalian Biaya Dan Waktu Proyek Dengan Metode Konsep Nilai Hasil ( Earned Value ), Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(4), 460–470.
Nandaprasetya, Shabrina & Akhmad Dofir, 2021, Analisis Pengendalian Biaya dan Waktu pada Proyek Pemeliharaan Trotoar Jalan Di Provinsi DKI Jakarta (Trotoar Pasar Rebo) Menggunakan Metode Earned Value, Jurnal Artesis. Vol. 1(1): 68-73.
Nisrina, Salwa., Muhammad Hisjam, 2022, Analisis Pengendalian Jadwal dan Biaya Dengan Metode Nilai Hasil (Earned Value Method) pada Proyek Konstruksi Pump House C2BM5a Studi Kasus: PT Prasadha Pamunah Limbah Industri, Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 8(1).
Nurkholis & Mohammad Abduh, 2022, Analisis Cost varians dan Schedule Varians Menggunakan Metode Earned Value Pembangunan Kantor Kelurahan di Kota Pasuruan, Seminar Keinsinyuran eISSN (Online) 2797-1775.
Pamungkas, Muji., Syahrudin., M. Indrayadi,2021, Analisis Pengendalian Biaya dan Waktu pada Proyek Pembangunan Jalan Sebujit-Tamong, Kecamatan Siding Kabupaten Bengkayang Menggunakan Metode Nilai Hasil (Earned Value).
Pastiarsa, Made, 2015, Manajemen Konstruksi Bangunan Industri Perspektif Pemilik Proyek, TEKNOSAIN, Yogyakarta.
Randang, Sally Marselina, 2016, Perhitungan Struktur Bawah dan Perencanaan Manajemen Sumber Daya pada Proyek Pembangunan Plaza Ratahan Di Minahasa Tenggara. Diss. Politeknik Negeri Manado.
Sanjaya, I Putu Ari ST., MT, 2019, Pengendalian Biaya dan Waktu dengan Metode Konsep Nilai Hasil pada Proyek Pembangunan Reservoir.
Sari, Hikmah Maya., Irna Hendriyani., Alifah Ersa Widyaningrum, 2021, Earned Value Analysis pada Proyek Pembangunan Gedung Arsip Kantor BPN. Jurnal TRANSUKMA, 03(02).
Satriawan, Hasta Mufti, 2016, Analisis Pengendalian Biaya Dan Waktu Dengan Metode Konsep Nilai Hasil Pada Proyek Pembangunan Pasar Prambanan Kabupaten Sleman. Diss. UII Yogyakarta.
Soeharto, I, 1995, Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional, Erlangga, Jakarta.
Published
2023-11-30
How to Cite
SHOLAHUDDIN, M., & Wati, D. (2023). ANALISA KINERJA BIAYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG GELANGGANG PRESTASI FIA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE CONCEPT. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 3(02), 87-99. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v3i02.5164