HUBUNGAN ILMU PSIKOLINGUISTIK DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

  • Khotimah Suryani UNISDA LAMONGAN
Keywords: Ilmu Psikolinguistik, Pendekatan Komunikatif, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang hubungan ilmu psikolinguistik dengan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa arab. Dengan analisis ini maka akan membuka ruang kita dalam memahami konsep bahasa yang di gunakan manusia sebagai alat komunikasi. Dalam artikel ini penulis menggunakan penelitian deskriptif yaitu dengan menyajikan gambaran lengkap dalam bentuk verbal atau numerical dan menyajikan informasi dasar mengenai suatu hubungan serta mengeksplorasi mengenai suatu fenomena dan kenyataan sosial. Dalam artikel ini penulis memberikan penjelasan bahwasannya Bahasa adalah medium tanpa batas yang membawa segala sesuatu mampu termuat dalam lapangan pemahaman manusia..  Dapat dikatakan bahwa psikolinguistik adalah studi tentang mekanisme mental yang terjadi pada orang yang menggunakan bahasa, baik pada saat memproduksi atau memahami ujaran. Pendekatan komunikatif adalah suatu pendekatan yang bertujuan untuk membuat kompetensi komunikatif sebagai tujuan pembelajaran bahasa, juga mengembangkan prosedur-prosedur bagi pembelajaran empat keterampilan berbahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis), mengakui dan menghargai saling ketergantungan bahasa. Hubungan Ilmu psikolinguistik dengan Pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa arab adalah pada hakikatnya dalam kegiatan berkomunikasi terjadi proses memproduksi dan memahami ujaran, tak terkecuali dalam berkomunikasi dalam berbahasa arab, maka belajar Bahasa arab memerlukan sebuah pendekatan agar proses pembelajarannya lebih efektif terkait tentang pemahaman keterampilan berbahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifuddin. 2010. Neuro Psikolingusitik. Jakarta: PT. Rajawali Press
Asep Ahmad Hidayat. 2006. Filsafat Bahasa. Mengungkap Hakekat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Arsyad, Azhar. 2003. Bahasa Asing dan Metode Pengajarannya . Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Chair, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka cipta.
Effendy, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Asing. Malang: Misykat.
Furqanul Azies dan A. Chaedar Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif . Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mar’at, Samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik Sebuah Pengantar. Bandung: Refika Aditama.
Sagala, 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: SIC
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.












. Arifuddin. 2010. Neuro Psikolingusitik. Jakarta: PT. Rajawali Press
Asep Ahmad Hidayat. 2006. Filsafat Bahasa. Mengungkap Hakekat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Arsyad, Azhar. 2003. Bahasa Asing dan Metode Pengajarannya . Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Chair, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka cipta.
Effendy, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Asing. Malang: Misykat.
Furqanul Azies dan A. Chaedar Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif . Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mar’at, Samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik Sebuah Pengantar. Bandung: Refika Aditama.
Sagala, 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: SIC
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.












.
Published
2022-11-29
How to Cite
Suryani, K. (2022). HUBUNGAN ILMU PSIKOLINGUISTIK DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 133-152. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i2.3514
Section
Articles