PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN HASIL PENELITIAN UNTUK PUBLIKASI ILMIAH DI MTS ISLAMIYAH BALEN

  • Nova Nevila Rodhi Universitas Bojonegroo
Keywords: Pendidikan, PTK, Karya Ilmiah

Abstract

Masalah mutu pendidikan masih menjadi pokok pembicaraan yang aktual dan hangat. Ketika dihubungkan dengan pembangunan khususnya dalam sektor pendidikan maka berdampak pada motivasi dan kualitas guru yang masih rendah sehingga perlu ada upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di setiap jenjang pendidikan. Akibatnya, hal tersebut akan berpengaruh pada pengembangan profesi guru, salah satunya melalui karya tulis ilmiah. Sebelum adanya upaya tersebut, bahwa guru-guru juga mengalami masalah dalam hal ini. Agar semakin tidak terpuruk dengan keadaan tersebut, maka pengembangan profesi guru harus terus diperhatikan. Kegiatan ini difokuskan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengunakan pendekatan andragogi dan partisipatif.Berdasarkan pengamatan selama pelatihan, pengetahuan dan kemampuan para guru di MTs Islamiyah sudah terlihat meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh partisipasi aktif para mitra pelatihan mulai dari penyusunan latar belakang masalah sampai dengan daftra pustaka. Hasil pengamatan tersebut didukung dengan hasil wawancara lepas dengan para mitra. Mayoritas para mitra mengatakan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi mereka. Pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dalam pelatihan tersebut akan mereka aplikasikan berkelompok untuk menghasilkan karya ilmiah yang dapat meningkatkan profesionalisme guru. Hasil pelaksanaan program kemitraan masyarakat tentang pelatihan karya tulis ilmiah bagi guru dapat ditarik kesimpulan: 1. Pengetahuan mitra tentang penelitian Tindakan kelas terkait konsep dan Langkahlangkah dalam melakukan penelitian Tindakan kelas untuk perbaikan proses pembelajaran di kelas telah bertambah. 2. Mayoritas mitra telah dapat menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, kajian teori dan metode penelitian serta dapat menuliskannnya dalam aertikel ilmiah 3. Penerima manfaat program merasa puas dengan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-02
How to Cite
Rodhi, N. (2024). PENDAMPINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN PENULISAN HASIL PENELITIAN UNTUK PUBLIKASI ILMIAH DI MTS ISLAMIYAH BALEN. Jurnal Pengabdian Masyarakat : BAKTI KITA, 5(1), 13-23. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/baktikita.v5i1.6241