EDUKASI HIKAYAT KEISLAMAN DAN PENGENALAN BAHASA ARAB “PENITI ISLAM” SEBAGAI KEGIATAN ALTERNATIF PEMBELAJARAN PADA TPQ NURUL ULUM DI DUSUN LOGAWE DESA GAWEREJO KECAMATAN KARANG BINANGUN KABUPATEN LAMONGAN

  • Irmayani Irmayani UNISDA
Keywords: TPQ, Hikayat Islam, Pengenalan Bahasa Arab

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam artikel penelitian ini adalah tentang pengedukasian hikayat keislaman dan pengenalan Bahasa Arab pada siswa/santri di TPQ Nurul Ulum Dsn. Logawe Ds. Gawerejo Kec. Karangbinangun-Lamongan. Pengedukasian hikayat keislaman dan pengenalan disampaikan atau dilakukan di tengah kegiatan pembelajaran Al-Quran di TPQ Nurul Ulum. Pada penerapan penelitian materi yang disampaikan dalam kegiatan yang dilakukan adalah penyampaian hikayat keteladanan tokoh-tokoh keislaman (Kholifah Urrasidin) dan pengenalan Bahasa Arab yang berisi tentang materi pengenalan anggota tubuh (jari-jari tangan) melalui lagu. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskripstif yang berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang telah diamati beserta ulasan materi yang digunakan sebagai media penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-05
How to Cite
Irmayani, I. (2022). EDUKASI HIKAYAT KEISLAMAN DAN PENGENALAN BAHASA ARAB “PENITI ISLAM” SEBAGAI KEGIATAN ALTERNATIF PEMBELAJARAN PADA TPQ NURUL ULUM DI DUSUN LOGAWE DESA GAWEREJO KECAMATAN KARANG BINANGUN KABUPATEN LAMONGAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat : BAKTI KITA, 3(1), 17-28. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/baktikita.v3i1.2784