Tinjauan Rasionalitas Islam: Sebuah Pemikiran Untuk Mendorong Generasi Milenial Y dan Z Berinvestasi di Pasar Modal Syariah
Abstract
Kenyataan yang menggembirakan bahwa generasi Y dan Z adalah kelompok yang banyak melakukan investasi di pasar modal. Mereka adalah bonus demografi yang menentukan pembangunan ekonomi Indonesia di masa depan. Namun, jika dibandingkan antara pasar modal Syariah dengan konvensional, jumlah investor yang berinvestasi di pasar modal seperti langit dan bumi. Sehingga perlu dilakukan upaya bagi akademisi dan pemerintah untuk terus-menerus mengedukasi generasi Y dan Z agar tertarik berinvestasi di pasar modal Syariah. Perkembangan ekonomi Syariah di masa depan bergantung pada generasi Y dan Z. Tulisan ini dibuat dengan tujuan memberikan pemahaman dengan pendekatan rasionalitas Islam dikombinasikan dengan teori perilaku terencana untuk mendorong timbulnya niat, motivasi dan keputusan berinvestasi di pasar modal syariah. Ditinjau secara teoritis maka perilaku rasionalitas Islam yang terencana berpeluang memunculkan niat, motivasi dan keputusan berinvestasi di pasar modal Syariah apabila muncul keyakinannya akan konsekuensi berinvestasi di pasar modal syariah, norma subjektif dari lingkungan sekitar yang berasal dari edukasi dari akademisi, tokoh penting seperti ustadz yang disegani, brand ambassador kalangan artis muda terkenal, teman, sahabat, saudara, orang tua dan komunitas, asalkan diperkuat oleh sumberdaya yang mendukung dan memudahkan untuk dijangkau, diakses, dimengerti, mudah dipahami, digunakan yang sifatnya di bawah kendalinya.
Kata kunci : Generasi Y dan Z, Rasionalitas Islam, Pasar Modal Syariah
Downloads
References
———. 2005. Attitudes, Personality and Behavior. Open University Press.
Alfarauq, Adzkya Dzulda, and Deni Kamaludin Yusup. 2020. “Pengaruh Pengetahuan Pasar Modal Syariah Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Kaum Milenial Garut Di Pasar Modal Syariah.” Finansha- Journal of Sharia Financial Management 1 (1): 33–41. https://doi.org/10.15575/fsfm.v1i1.10052.
Bencsik, Andrea & Machova. 2016. “Knowledge Sharing Problems from the Viewpoint of Intergeneration Management.” ICMLG2016 - 4th International Conferenceon Management, Leadership and Governance. Volume 42. Academic Conferences and publishing limited.
BPS. 2022. Analisis Profil Penduduk Indonesia. https://www.bps.go.id/.
Dhiaulhaq, M Z. 2021. “Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Masyarakat di Saham Syariah (Studi Kelompok Investor Saham Syariah Pada Syariahsaham. Com ”Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7831.
Juliansyah, Afriandi, Dwi Sekar Utami, Noor Khumaidah, and Ibnu Muttaqin. 2022. “Pengaruh Edukasi Terhadap Minat Berinvestasi Pasar Modal Syariah Bagi Kaum Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0.” OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah 3 (1): 73–85. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v3i1.276.
ksei.co.id. 2022. “Statistik Pasar Modal Indonesia.” 2022. www.ksei.co.id. Diakses 8 Desember 2022
ojk.go.id. “Infografis Hasil Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022.” www.ojk.go.id. Diakses 8 Desember 2022
———. 2022. “Market Update Pasar Modal Syariah Indonesia, Januari-Juni 2022.” 2022. www.ojk.go.id. Diakses 8 Desember 2022
P3EI Universitas Islam Indonesia dan Bank Indonesia. 2013. Ekonomi Islam. 5th ed. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Srivastava, Saurabh Kumar, and Medha Srivastava. 2017. “The Characterization of Cohorts: A Review of Generations Y and Z.” SMS Journal of Enterpreneurship and Innovation 3 (02): 70–78. https://doi.org/10.21844/smsjei.v3i02.9732.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.