Pengaruh Trend Fashion dan Pergaulan Terhadap Gaya Hidup Konsumtif

  • Nurul Awalinah Nadiyah Universitas Islam Darul 'Ulum
  • syuhada ' Universitas Islam Darul 'Ulum
  • Ahmad Munir Hamid Universitas Islam Darul 'Ulum
Keywords: Trend Fashion, Pergaulan, Gaya Hidup Konsumtif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh trend fashion terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswi, 2) Pengaruh pergaulan terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswi, 3) Pengaruh trend dan asosiasi fashion terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswi. Penelitian ini berfokus pada gaya hidup konsumtif mahasiswi Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Populasi dalam penelitian ini adalah 46 siswi pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah nonprobability sample dengan menggunakan sampling jenuh karena jumlah populasi yang relatif kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berisi 19 item pernyataan yang diukur menggunakan skala likert 1 sampai 5 dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian: Dari uji parsial diketahui bahwa variabel trend fashion (X1) berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumtif (Y) karena T hitung > T tabel atau 5,062 > 2,017. Apabila trend fashion meningkatkan tingkat gaya hidup konsumtif maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima atau dengan kata lain variabel trend fashion mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap gaya hidup konsumtif. Kemudian dari variabel sosial (X2) berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumtif (Y) karena T hitung > T tabel atau 4,519 > 2,107, jika hubungan tersebut membuat gaya hidup konsumtif meningkat maka dapat disimpulkan H2 diterima atau masuk dengan kata lain variabel sosial mempunyai pengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswi Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Nilai R square menunjukkan bahwa 78,1% variabel gaya hidup konsumtif dapat dijelaskan oleh seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tren fashion dan asosiasi. Sedangkan 21,9% variabel gaya hidup konsumtif dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 17–27.
Alfedha, A. (2018). Implikasi trend fashion bagi mahasiswa jurusan pendidikan agama islam universitas islam negeri raden intan lampung (studi kasus pada mahasiswa pendidikan agama islam). UIN Raden Intan Lampung.
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di SD adiwiyata. Islamika, 2(1), 161–169. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570
Dwiningwarni, S. S., Anjarsari, N. M., & Suhada, S. (2018). Pengaruh desain produk Dan strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal EBA, 4(1).
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1), 1–14.
Hamid, A. M. (2022). Revitalisasi pasar tradisional dalam sudut pandang ekonomi islam. ADILLA : Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 51–68.
Hidayatun, U. (2015). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.
Inayati, A. T. (2019). Dampak trend hijab terhadap pakaian mahasiswa jurusan kpi angakatan 2015 fakultas dakwah dan ilmu komunikasi universitas islam negeri raden intan lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Kurniawan, C. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Mahdiatari, Z. (2014). Reception analysis rubrik fashion majalah gogirl! pada mahasiswi. Universitas Brawijaya.
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103–110.
Sujarweni, V. W. (2019). Metode penelitian bisnis dan ekonomi yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Tenerman, T. (2021). Pola komunikasi badan kenaziran masjid dalam penanggulangan pergaulan bebas di desa hamparan perak. Warta Dharmawangsa, 15(3), 331–339.
Triyaningsih, S. L. (2011). Dampak online marketing melalui facebook terhadap perilaku konsumtif masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 11(2).
Published
2024-01-08
How to Cite
Awalinah Nadiyah, N., ’, syuhada, & Munir Hamid, A. (2024). Pengaruh Trend Fashion dan Pergaulan Terhadap Gaya Hidup Konsumtif. Jurnal Murid, 1(1), 12-25. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/JM/article/view/5469
Section
Articles