ANALISIS TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 NGLEGOK

  • Dwi Septiorini IAIN TULUNGAGUNG

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan matematika materi operasi hitung aljabar dan menemukan faktor-faktor penyebab kecemasan matematika materi operasi hitung aljabar. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 1 Nglegok yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan bahan referensi dan member check. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dalam penilitian ini menunjukan deskripsi tingkat kecemasan matematika yang terjadi pada siswa kelas VII SMPN 1 Nglegok diantaranya 50% siswa terindikasi kecemasan matematika tingkat sedang, 35% siswa terindikasi kecemasan matematika materi operasi hitung aljabar masuk dalam kategori tingkat rendah., dan 15% siswa yang dinyatakan tidak memiliki permasalahan dengan matematika. Faktor-faktor penyebab kecemasan matematika diantaranya, kondisi situasi kelas yang kurang kondusif, lemahnya kemampuan guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang sedang dipelajari, Persepsi buruk terhadap pelajaran matematika, Kurangnya Scaffolding yang diberikan oleh guru, Pengalaman kurang menyenangkan di masa lalu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Cucu Suhana.2014.Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Rafika Aditama.
Faridah, L. and Nasikhah, A., 2019, January. Improve Critical Thinking Ability and Mathematical Representation of Junior High School Students Throught Soft-skill Based Metacognitive Approaches. In International Conference on Science, Technology, Education, Arts, Culture and Humanity-" Interdisciplinary Challenges for Humanity Education in Digital Era"(STEACH 2018) (pp. 73-76). Atlantis Press.
Riyadi,Dkk.2016. Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan probing-prompting dengan pendekatan saintifik pada materi operasi aljabar ditinjau Dari kecemasan belajar matematika Siswa kelas viii smp negeri di Kabupaten karanganyar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.4, No.4
Ranjan, & Gunendra Chandra. 2013. “Math Anxiety : The Poor Problem Solving Factor in School Mathematics.” International Journal of Scientific and Research Publications 4(3): 1-5. Diakses pada 14 Oktober 2015 (http://www.ijsrp.org/research-paper-0413/ijsrp-p16134.pdf).
Lilik Gunawanti.2017. Analisis Kecemasan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar di SMP Negeri 2 Papar. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Simki-Techsain Vol. 01 No. 06 Tahun 2017 ISSN : XXXX-XXXX
Richardson, F. C., & Suinn, R. M. (1972). Effects of two short-term desensitization methods in the treatment of test anxiety: Journal of Counseling Psychology Vol 21(5) Sep 1974, 457-458.
Sugiatno,Dkk. 2016. Tingkat dan faktor kecemasan matematika pada siswa sekolah menengah pertama. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan Pontianak.Jurnal pendiddikan matematika Vol 2, No 1
Steve, C.(2009). Mathematics Anxiety in Secondary Students in England. Dislexia 15.









Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Cucu Suhana.2014.Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Rafika Aditama.
Riyadi,Dkk.2016. Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan probing-prompting dengan pendekatan saintifik pada materi operasi aljabar ditinjau Dari kecemasan belajar matematika Siswa kelas viii smp negeri di Kabupaten karanganyar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.4, No.4
Ranjan, & Gunendra Chandra. 2013. “Math Anxiety : The Poor Problem Solving Factor in School Mathematics.” International Journal of Scientific and Research Publications 4(3): 1-5. Diakses pada 14 Oktober 2015 (http://www.ijsrp.org/research-paper-0413/ijsrp-p16134.pdf).
Lilik Gunawanti.2017. Analisis Kecemasan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar di SMP Negeri 2 Papar. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Simki-Techsain Vol. 01 No. 06 Tahun 2017 ISSN : XXXX-XXXX
Richardson, F. C., & Suinn, R. M. (1972). Effects of two short-term desensitization methods in the treatment of test anxiety: Journal of Counseling Psychology Vol 21(5) Sep 1974, 457-458.
Sugiatno,Dkk. 2016. Tingkat dan faktor kecemasan matematika pada siswa sekolah menengah pertama. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan Pontianak.Jurnal pendiddikan matematika Vol 2, No 1
Steve, C.(2009). Mathematics Anxiety in Secondary Students in England. Dislexia 15.
Published
2020-12-29