PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII MTs MA’ARIF NU SUKODADI

  • Nofitasari Nofitasari MTs Ma’arif NU Sukodadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU Sukodadi dengan sampel 28 siswa kelompok eksperimen dan 29 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes berbentuk uraian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dari hasil pretes dan postes siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis melalui model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran konvesional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-30