KONSEP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) (ANALISIS DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH)

  • Putri Azhari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Jeesica Shinta UIN Sumatera Utara Medan
  • Ahmad Daris UIN Sumatera Utara Medan
  • Annisa Nurfadillah UIN Sumatera Utara Medan
  • Syahru Ramadhan UIN Sumatera Utara Medan
Keywords: Moderasi Beragama, Pelajar Pancasila.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konsep Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) (analisis dampaknya terhadap sikap moderasi beragama peserta didik di Sekolah). Dalam konteks pendidikan, penguatan profil Pancasila memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan sikap moderasi beragama peserta didik di sekolah. Dalam upaya memastikan keberlangsungan harmoni dan kerukunan antarumat beragama, penguatan profil Pancasila (P5) menjadi tonggak penting yang menggerakkan pendidikan untuk menjadi garda terdepan dalam mendorong sikap moderasi beragama di kalangan peserta didik di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah  deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan (Library Study). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Profil Pembelajaran Pancasila (P5) juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap moderasi beragama siswa di sekolah, seperti meningkatkan kesadaran beragama siswa, sehingga mereka dapat lebih toleran dan menghargai perbedaan agama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriana, riza devi. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Bingkai Pendidikan Agam Kristen. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(4 September), 629–642.
Asshidiqi, A. Q., Muharam, A., Fajrussalam, H., Mustikaati, W., & Ruswan, A. (2023). Analisis Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SDIT Cendekia Kabupaten Purwakarta. Foundasia, 14(2), 37–51.
Bahar, M. (2022). Internalisasi Moderasi Beragama Perspektif Islam dalam Dunia Pendidikan: Sebuah Analisis Relevansi Pendidikan dengan Pembangunan Karakter Beragama Peserta Didik. Ijd-Demos, 4(2), 824–834. https://doi.org/10.37950/ijd.v4i2.279
Chairiyah. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 208–215.
Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702
Hanan, A., & Rahmat, A. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 55. https://doi.org/10.52434/jpai.v1i2.2691
Karakter, M., Indonesia, S., Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 7076–7086.
Kementrian Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemah. PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Laili, H., Hasannah, M., Lestari, D., Pradana, M. Y., Lilhamdi, M. R., & Herianto, E. (2024). Strategi Efektif untuk Menyelesaikan Masalah Akibat Keberagaman melalui Sikap Toleransi di SMPN 11 Mataram. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1850–1857. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3970
Mufid, M. (2023). PROYEK PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ‘ ALAMIN KURIKULUM MERDEKA MADRASAH. 2(2), 141–154.
Nisah, N., Widiyono, A., & Salsabela, T. (2022). Konsep Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Optimalisasi Efikasi Diri dan Gaya Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November, 96–108.
Nurul, N. I., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Alqadri, B. (2024). Dampak Penerapan Kegiatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkembangkan Sikap Mandiri Siswa di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 481–490. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1809
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. Falasifa Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194. https://doi.org/10.62097/falasifa.v15i1
Rembulan, G. P., Sabila, S. A., & Nazira, Z. (n.d.). Edukasi Pengelolaan Sampah Melalui Kegiatan Gotong Royong Untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan Di Desa Sukamaju Dusun Lebakjaya. 4(8).
Salam, F. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Di Homeschooling. C.E.S 2023 Confrence Of Elementari Study, 271.
Sari, E., Pd, M., No, K. M. A., & Pengembangan, P. (2023). Lunturnya Rasa Cinta Terhadap Tanah Air . Siswa Lebih Mengenal Kehidupan Bangsa Lain Melalui Negeri Daripada Makanan dan Minuman Tradisional Dari negaranya Sendiri . Minimnya Rasa Cinta Tanah Intoleran yang Berdampak Pada Terjadinya Konflik Berbangsa dan. 20(2), 53–62.
Sitti Chadidjah, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, B. S. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar,Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 115.
Widyaningsih, T. S., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2014). Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Smp Dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 181–195. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658
Published
2024-07-08
How to Cite
Azhari, P., Shinta, J., Daris, A., Nurfadillah, A., & Ramadhan, S. (2024). KONSEP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) (ANALISIS DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH). TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 307-324. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6702
Section
Articles