PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS XI IPS SMAN 1 KLARI KARAWANG

  • Mahira Allaida Putri Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Setelah diberi perlakuan pembelajaran menggunakan quantum teaching diharapkan motivasi peserta didik dapat meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen desain quasi experimental dengan rancangan pre test and post test non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yakni siswa kelas XI IPS dengan total populasi 170 peserta didik. Adapun sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 66 peserta didik dengan pembagian 33 peserta didik sample eksperimen dan 33 peserta didik sample kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test dengan taraf 0,05 malalui SPSS versi 27 didapatkan hasil sebesar 0,000 < 0,05 ini menandakan bahwa hipotesis nol (H0) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sedangkan berdasarkan nilai R square didapatkan nilai 48,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 48,2%.

 

Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR RUJUKAN
Ainul Yaqin, M. (2021). Implementasi Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.93
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. In CV. Pusdikra MJ.
Arifin, K. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Raudlatul Ulum Kab. Probolinggo [Universitas Negri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/14638/1/17760051.pdf
Basuki Fatahilah, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negri Jogomulyo Tempuran Magelang [Universitas Muhammadiyah Magelang]. http://eprintslib.ummgl.ac.id/2063/1/16.0401.0070_BAB%20I_BABII_BAB_BAB%20V_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar. Tajdid, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52266/
Khoerunnisa, P., & Masyhuril Aqwal, S. (2020). ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Mahmudi. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, dan Materi. Ta’dibuna, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105
Rukajat, A. (2021). Metodologi Penelitian (1st ed.). Deepublish.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.). Alfabeta.
Tazkiah Tunnufus, K., Karmila Sari Achmad, W., & Rohana. (2022). The Effect of Quantum Teaching Model in Science Learning on Student’S Learning Motivation of 4 Th Grade Student. Excellent Education, Science and Engineering Advances Journal, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijest.v3i1.39199
Published
2024-07-06
How to Cite
Putri, M. A. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS XI IPS SMAN 1 KLARI KARAWANG. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 290-306. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6653
Section
Articles