PARADIGMA INTEGRASI AGAMA DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Muna Hajita Ummi
Keywords: paradigma, integrasi, agama, sains, pembelajaran agama islam

Abstract

Paradigma integrasi agama dan sains hari ini terus berkembang seiring dengan perkembangan pengetahuan dan pemahaman tentang dunia. Penelitin ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan memberikan interpretasi tentang paradigma integrasi agama dan sains, proses integrasi agama dan sains, serta impilkasinya dalam pelajaran PAI. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Hasilnya, bahwa paradigma integrasi agama dan sains dalam pembelajaran PAI dapat mengembangkan pemahaman yang lebih holistik tentang realitas dunia dan kehidupan mereka. Integrasi agama dan sains dalam pembelajaran PAI dapat membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi kompleksitas dunia modern dengan cara yang terintegrasi dan seimbang. Sementara proses integrasinya dalam pembelajaran PAI dapat dilakukan dengan cara: Identifikasi persamaan konsep, perencanaan pembelajaran terpadu, kolaborasi antara guru PAI dan guru sains, menggunakan sumber daya yang relevan, diskusi terbuka dan refleksi, penerapan dalam konteks nyata, dan evaluasi berorientasi integrasi. Adapun Implikasinya yaitu: pemahaman yang holistik, pemikiran kritis yang komprehensif, toleransi dan penghargaan terhadap keragaman, relevansi dalam kehidupan sehari-hari, dan pembangunan karakter yang positif. Penelitian ini diharapkan mampu mengatasi konflik yang mungkin timbul antara agama dan sains, serta mengakui kompleksitas realitas dan mengajak untuk mengembangkan perspektif yang terbuka, inklusif, dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. (2022). Integrasi Agama dan Sains dalam Perspektif Pendidikan Islam. PILAR, 13(1), 121–134.
Adawiyah, R. (2016). Integrasi sains dan agama dalam pembelajaran kurikulum PAI (perspektif islam dan barat serta implementasinya). Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(1), 99–124.
Adinugraha, H. H., Hidayanti, E., & Riyadi, A. (2018). Fenomena Integrasi Ilmu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri: Analisis Terhadap Konsep Unity of Sciences di UIN Walisongo Semarang. HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, 4(1), 1–24.
Agustina, L., & Shalihin, R. R. (2022). Theoretical framework pendidikan Islam berbasis pendekatan multi-inter transdisipliner. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(1).
Amiruddin, A. (2019). Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. Journal of Education Science, 5(1).
Bidin, I., Zein, M. Z., & Vebrianto, R. (2020). Beberapa model integrasi sains dan islam serta implikasinya terhadap pendidkan islam. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(1), 33–42.
Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Asatiza, 1(2), 212–229.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Daulay, A. R. (2022). Integrasi Ilmu Agama dan Sains Terhadap Pendidikan Islam di Era Modern. Journal of Social Research, 1(3), 716–724.
Fadlun, M. (2017). Pola Integrasi Pendidikan agama islam dan sains dalam pembelajaran di sd alam baturraden kabupaten banyumas. IAIN Purwokerto.
Fajri Hamdy, M., Hitami, M., Anwar, A., Agustiar, & Surahmad, A. (2020). Model Integrasi Agama dan Sains di SMA Muhammadiyah Pekanbaru. Instructional Development Journal (IDJ), 3(3), 212–221. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ
Hasanah, N., & Zuhaida, A. (2018). Desain Madrasah Sains Integratif: Integrasi Sains Agama dalam Pelaksanaan dan Perangkat Pembelajaran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 155–180.
Haught, J. F. (1995). Science and religion: From conflict to conversation. Paulist Press.
Hidayah, H., Iriyadi, D., & Gufron, I. A. (2022). Relasi Sains Dan Agama dalam Perpspektif Ian Graeme Barbour. Aqlania, 13(1), 17–36.
Hidayatullah, S. (2019). Agama dan Sains: Sebuah Kajian Tentang Relasi dan Metodologi. Jurnal Filsafat, 29(1), 102–133.
Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019). Pendidikan berbasis teknologi (permasalahan dan tantangan). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Khozin, K., Haris, A., & Asrori, A. (2021). Pengembangan Integrasi Kurikulum. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 84–94.
Kuswanto, E., Parjono, P., & As’ ari, K. (2022). Integrated Strategic System; Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerdi Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19. INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAM, LAW, AND SOCIETY (INCOILS) 2021, 1(1), 1–10.
Lestari, H., & Widodo, A. (2021). Peranan Model Pembelajaran Nature of Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 1–9.
Lukman Hakim, Tobroni, Ishomuddin, K. (2020). Pendidikan Islam Integratif: Best Practice Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. Yogyakarta: Gestalt Media.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Bintang, 2(2), 244–257.
Manzilati, A. (2017). Metodologi penelitian kualitatif: Paradigma, metode, dan aplikasi. Universitas Brawijaya Press.
Miftah, M. (2017). Model Integrasi Sains dan Agama dalam Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian, 14(2), 193–208. https://doi.org/10.28918/jupe.v14i2.907
Mubarok, R. (2020). Peran Takmir Masjid dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam di Masjid Darus Sakinah Sangatta Utara. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 233–248. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/alishlah.v18i2.1576
Mubarok, R., & Bakri, M. (2021). Membumikan Multikulturalisme Sebagai Upaya Pencegahan Sikap Radikalisme Beragama. Ris ‚lah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(2), 252–266.
Najili, H., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Sumbangan Pemikiran Jhon. F Haught mengenai Relasi Sains dan Agama. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 279–289.
Nurcholis, M. (2021). Integrasi Islam Dan Sains: Sebuah Telaah Epistemologi. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 116–134.
Rahman, F., & Ma’ruf, H. (2022). Penguatan dan Pengembangan Pendidikan Islam melalui Pendekatan Multidisipliner, Interdisipliner, dan Transdisipliner. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 233–257.
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.
Saefulloh, A. M. (2017). Telaah Korelasi Sains dan Agama dalam Paradigma Islam. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 137–157.
Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Samal, A. L. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah dan Perguruan Tinggi Melalui Pembelajaran Aktif. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1).
Sari, L. M. (2018). Evaluasi dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 211–231.
Silvatama, M. A., Kamila, N. N., Wijayanto, A., Sari, E., & Kholil, M. (2023). Penguatan Sikap Religius Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Bermuatan Nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221.
Syam, I. (2015). Komunikasi Lintas Perspektif (Hubungan Sains dan Agama). Jurnal Dakwah Tabligh, 16(1), 31–41.
Utomo, B. W., Hastjarjo, S., & Rahmanto, A. (2023). Communication Strategy of Investigators in Handling Crimes Based on Restorative Justice in the Criminal Investigation Unit of Sukoharjo Resort Police. Journal of Social Interactions and Humanities, 2(1), 27–44.
Wibisono, M. Y., Ridho, A., Sarbini, A., & Kahmad, D. (2021). Solusi Sosial atas Kontestasi Agama Mayoritas-Minoritas di Arjawinangun Cirebon, Indonesia. Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 1–30.
Widiawati, N. (2020). Pluralisme Metodologi: Diskursus sains, filsafat, dan tasawuf. Edu Publisher.
Wimala, E. Y., Srimulyani, I. N., & Saskiaputri, A. (2021). Debat: Sebuah Keterampilan dan Seni Berbicara. Yogyakarta: GUEPEDIA.
Wirawan, I. (2012). Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma: fakta sosial, definisi sosial, dan perilaku sosial. Jakarta: Kencana.
Zhulfarani, A., Jati, A. A. E., Hermawan, F., Arfaiza, S. A., & Fajrussalam, H. (2022). Integrasi Sains dan Agama Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 3), 773–779.
Published
2024-07-06
How to Cite
Hajita, M. (2024). PARADIGMA INTEGRASI AGAMA DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 265-289. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6614
Section
Articles