PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ASMAUL HUSNA DI TADIKA CENDIKIAWAN CERIA PERDA UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan asamul husna anak usia dini tadika cendikiawan ceria perda utara, Malaysia. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan kelas ( PTK ) dengan tahapan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yakni perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menghafal asmaul husna pada pra siklus masih terbilang rendah. Setelah dilakukannya penerapan metode talaqqi pada siklus 1 terdapat peningkatan kemampuan hafalan asmaul husna peserta didik dengan baik. Peserta didik mampu menghafal asmaul husna 2 kata pada setiap pertemuan. Pada siklus 2 peneliti dan guru meningkatkan jumlah yang harus dihafalkan pada setiap pertemuan. 2 kata pada siklus 1 ditambah 2 kata pada setiap peretemuan. Berdasarkan pencapaian setiap pertemuan siklus, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan metode talaqqi sangat tepat digunakan bagi peserta didik yang lemah dalam menghafal.
Kata Kunci: Asmaul Husna, Metode talaqqi, pendidikan
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.