Pengembangan SDM Dalam Pembentukan Karakter Santri di Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta
Keywords:
Sumber Daya Manusia, Karakter dan Santri
Abstract
Abstrak : Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis peran LPM dalam mengembangkan SDM dan implikasinya dalam pembentukan karakter santri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Pendekatan ini dipilih karena pada asasnya adalah sebuah disiplin psikologi yang khusus mempelajari, meneliti dan membahas seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang sudah diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis agar dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data tersebut di atas dengan menggunakan teknik triangulasi. hasil penelitian yang di dapat (1) Bentuk-bentuk pengembangan SDM santri yang dilakukan oleh LPM meliputi : (a) Santri diberi amanah untuk mengajar TPA, (b) Santri diberi amanah untuk mengampu kajian remaja, (c)Santri diberi amanah untuk mengisi pengajian Bapak-bapak/ Ibu-ibu, (d) Santri diberi amanah untuk menjadi Khotib Jum’at, (e) Santri diberi amanah dalam pembentukan kepanitiaan kegiatan LPM. (2) Implikasi yang terbentuk terhadap karakter santri meliputi: (a) Religius , (b) Disiplin, (c) Kreatif dan (d) Tanggung jawab.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2018-01-31
How to Cite
Rosidi, I. (2018). Pengembangan SDM Dalam Pembentukan Karakter Santri di Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 106-120. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.637
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.