PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MELALUI METODE THE POWER OF TWO AND FOUR

  • Nuridah Nuridah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Kristiawati Kristiawati Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar Matematika, Metode The Power Of Two And Four.

Abstract

Penelitian ini bertujuan meninjau penerapan metode The Power of Two and Four dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas II SD No 163 Inpres Bontopanno Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas II SD No 163 Inpres Bontopanno Kabupaten Takalar yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April pada tahun pelajaran 2022/2023 di SD No 163 Inpres Bontopanno Kabupaten Takalar. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar yaitu 55. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah murid yang tuntas mencapai lebih 80%. (2) Terjadi peningkatan aktivitas belajar murid dimana pada siklus I dengan rata-rata presentasi 56,8 dan pada siklus II dengan rata-rata presentasi 68,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan hasil belajar matematika melalui metode The Power Of Two And Four pada murid kelas II SD No 163 Inpres Bontopanno Kabupaten Takalar mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggasari, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Schoology pada Model Pembelajaran The Power of Two Terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Persamaan Reaksi. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 61–78.
Derudinansyah, S. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Berbasis Pendidikan Matematika Realistis Untuk Merangsang Literasi Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 1–8.
Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13–26.
Lubis, Z. (2020). Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan ilmu pengetahuan sosial siswa sekolah dasar. Suara Guru, 4(2), 491–496.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children’s Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91–100.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68–84.
Priangga, Y. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi smartphone untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1116–1126.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137.
Wijayanto, P. W., Thamrin, H. M., Haetami, A., Mustoip, S., & Oktiawati, U. Y. (2023). The Potential of Metaverse Technology in Education as a Transformation of Learning Media in Indonesia. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(2).
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65–74.
Published
2023-07-07
How to Cite
Nuridah, N., Ernawati, E., & Kristiawati, K. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MELALUI METODE THE POWER OF TWO AND FOUR. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 142-154. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v6i2.4498
Section
Articles