PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS MULTIKULTURAL

  • Sauqi Futaqi Universitas Islam Darul Ulum Lamongan
Keywords: Kata Kunci: Prinsip, Pengembangan Kurikulum, Multikultural

Abstract

Abstract

This paper attempts to formulate the principles of multicultural-based curriculum development. This principle is indispensable in the process of curriculum formulation in the context of the national education system, especially in the midst of a multicultural Indonesian society. This paper aims to find the principles that will be used as the basis for curriculum development. Through several relevant literature reviews, there are two categories of principles, namely general and specific. The general principles relate to the domain of curriculum development in general. While the special principles relate to multicultural insight.

Keywords: Principles, Curriculum Development, Multicultural.

 

Abstrak

Tulisan ini berupaya merumuskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum berbasis multikultural. Prinsip ini sangat diperlukan dalam proses perumusan kurikulum dalam konteks sistem pendidikan nasional, terlebih di tengah masyarakat Indonesia yang multikultural. Tulisan ini bertujuan menemukan prinsip-prinsip yang akan dijadikan dasar bagi pengembangan kurikulum. Melalui beberapa kajian pustaka yang relevan, ada dua kategori prinsip, yakni umum dan khusus. Prinsip umum berhubungan dengan domain pengembangan kurikulum pada umumnya. Sedangkan prinsip khusus berhubungan dengan wawasan multikultural.

Kata Kunci: Prinsip, Pengembangan Kurikulum, Multikultural

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Ansyar, Mohamad. Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain &Pengembangan. Jakarta: Kencana, 2015.
Clark, Christine. "Effective multicultural curriculum transformation across disciplines." Multicultural Perspectives 4.3 (2002): 37-46.
Gorski, Paul C. “Key Characteristics of a Multicultural Curriculum,” 14 April, 2010, dalm http://www.edchange.org/multicultural/initial.html. Diakses pada tanggal 20 November 2016
Hasan, Muhammad Tholchah. Pendidikan Multikultural Sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Malang: UNISMA, 2016. cetakan ke-3
Latif, Y. (2013). Genealogi Intelegensia: Pengetahuan & Kekuasaan Inteligensia Muslim Indonesia Abad XX. Jakarta: Kencana
Oliva, Peter F. Developing The Curriculum (Second edition). Glenview, Ill: Scott, Foresman/Little, Brown College Division, 1988.
Raihani, Pendidikan Islam dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2016.
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.
Futaqi, Sauqi. "Pesantren Menembus Batas (Studi Kapital Spiritual-Multikultural Pesantren Al-Qodir dalam Membentuk Santri Multikulturalis)." Pendidikan Multikultural 4.1 (2020): 45-64.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008. cetakan ke-10.
Tilaar, H.A.R. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Published
2022-07-05
How to Cite
Futaqi, S. (2022). PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS MULTIKULTURAL. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 149-161. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v5i2.3252
Section
Articles