KEPEMIMPINAN VISIONER DAN CORPORATE CULTURE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DAN MINAT PELANGGAN PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF

  • Muhari Muhari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Kepemimpinan visioner, corporate culture, daya saing, minat pelanggan, pendidikan islam transformatif

Abstract

Teori-teori kepemimpinan merupakan penggeneralisasian satu seri perilaku pemimpin dan konsep-konsep kepemimpinannya, dengan menonjolkan latar belakang historis, sebab musabab timbulnya kepemimpinan, persyaratan menjadi pemimpin, sifat-sifat utama pemimpin, tugas pokok dan fungsinya, serta etika profesi kepemimpinan. Pentingnya kepemimpinan visioner didasarkan pada fenomena dinamisasi perubahan dan tuntutas beradabtasi. Hasil penelitian tentang kepemimpinan visioner dan corporate culture dalam meningkatan daya saing dan minat pelanggan Pendidikan transformative ini mendapatkan temuan; 1) Upaya peningkatan minat pelanggan menuntut kecermatan visi pemimpin terhadap karakteristik minat dan kepuasan pelanggan yang dituju atau diharapkan serta model-model program pendidikan yang selaras dengannya serta adanya tolok ukur standar layanan yang diminati pelanggan dan diwujudkan dalam program-program layanan yang ditawarkan, baik dari segi keandalan, kepekaan, kepastian, empati dan wujudnya; 2) Minat pelanggan turut dipengaruhi visi pemimpin dalam memenangkan dasa saing melalui menggunakan pendekatan biaya rendah, diferensiasi layanan, focus memperkuat persaingan pada program layanan yang sama, atau pendekatan diversifikasi; 3) Upaya peningkatan daya saing dan minat pelanggan harus dibangun atas dasar budaya organisasi yang ideal dan berkemajuan dengan mengedepankan prinsip bahwa budaya bukan sekedar peraturan-peraturan, sesuai dengan kondisi dan gerak kemajuan Lembaga, sesuai dengan tantangan yang dihadapi Lembaga, mampu diikuti oleh seluruh anggota dan benar-benar diterapkan oleh seluruh anggota.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-19
Section
Articles