ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DI JALAN LAREN-BLIMBING MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA

  • Mahendra Winarto Fakultas Teknik Unisda Lamongan
  • agus setiawan Fakultas Teknik Unisda Lamongan
  • intan mayasari Fakultas Teknik Unisda Lamongan
  • Annisa' Carina Fakultas Teknik Unisda Lamongan
Keywords: Perkerasan Lentur, Kerusakan Jalan, Bina Marga, LHR

Abstract

Jalan merupakan infrastruktur yang dibangun untuk memperlancar pengembangan daerah. Pada Jalan Laren-Blimbing tersebut mengalami kerusakan. Dengan adanya kerusakan tersebut maka akan banyak dampak yang bisa disebabkan oleh hal tersebut. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan nilai kerusakan jalan yang dimana nantinya bisa menentukan pemeliharaan yang sesuai.

Metode Penelitian ini adalah kuantitatif, dengan analisis data yang diperlukan antara lain data kondisi jalan, data kerusakan jalan dan data lalulintas harian rata rata pada jalan tersebut.

Dari hasil pengolahan tersebut didapatkan bahwa nilai kondisi jalan yang terjadi pada ruas tersebut adalah 2,3 dan data lalulintas harian rata-rata sebanyak 4164,6 emp/hari sehingga data tersebut tergolong kelas 5. Sehingga dapat dihitung urutan prioritas untuk mengetahui pemeliharaan yang sesuai yaitu dengan nilai 9,8 dimana nilai tersebut termasuk kelas A yaitu program pemeliharaan rutin. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darlan. (2014). “Kontruksi Perkerasan Lentur (Flexible Pavement).” DPUPR. 2014.
Harahap, Yanuar Sya'ban. (2019). “Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan (Jalan Lintas Sumatra) Kota Tebing Tinggi.” Progress in Retinal and Eye Research 561 (3): S2–3.
Peraturan Pemerintah RI. (2006). “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang
Jalan (PP Nomor 34 Pasal 25 Tahun 2006).”
Ramadona, Fitri. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Raya Pada apis Permukaan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) DAN Metode Bina Marga (Study Kasus Ruas Jalan Landai Sungai Data STA 0 + 000 – STA 2 + 000). Braz Dent J. Vol. 33. Undang Undang RI. (2004). “UU RI No 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.”
Darlan. (2014). “Kontruksi Perkerasan Lentur (Flexible Pavement).” DPUPR. 2014.
Harahap, Yanuar Sya'ban. (2019). “Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan (Jalan Lintas Sumatra) Kota Tebing Tinggi.” Progress in Retinal and Eye Research 561 (3): S2–3.
Peraturan Pemerintah RI. (2006). “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang
Jalan (PP Nomor 34 Pasal 25 Tahun 2006).”
Ramadona, Fitri. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Raya Pada apis Permukaan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) DAN Metode Bina Marga (Study Kasus Ruas Jalan Landai Sungai Data STA 0 + 000 – STA 2 + 000). Braz Dent J. Vol. 33. Undang Undang RI. (2004). “UU RI No 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.”
Darlan. (2014). “Kontruksi Perkerasan Lentur (Flexible Pavement).” DPUPR. 2014.
Harahap, Yanuar Sya'ban. (2019). “Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan (Jalan Lintas Sumatra) Kota Tebing Tinggi.” Progress in Retinal and Eye Research 561 (3): S2–3.
Peraturan Pemerintah RI. (2006). “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang
Jalan (PP Nomor 34 Pasal 25 Tahun 2006).”
Ramadona, Fitri. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Raya Pada apis Permukaan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) DAN Metode Bina Marga (Study Kasus Ruas Jalan Landai Sungai Data STA 0 + 000 – STA 2 + 000). Braz Dent J. Vol. 33. Undang Undang RI. (2004). “UU RI No 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.”
Setiawan, A. (2021) “Analisis Kapasitas, Tingkat Pelayanan, Dan Hambatan Samping Terhadap Lalu Lintas Pada Jalan Raya Pasar Babat”, DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 1(1), pp. 28-40. doi: https://doi.org/10.52166/dearsip.v1i1.2525.
Published
2024-05-30
How to Cite
Winarto, M., setiawan, agus, mayasari, intan, & Carina, A. (2024). ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DI JALAN LAREN-BLIMBING MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 4(01), 104-112. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v4i01.6276
Section
Articles