KAJIAN PENERAPAN ARSITEKTUR IKONIK PADA BANGUNAN MALANG CREATIVE CENTER

  • Putri Oktafira Melinda UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Eva Elviana UPN "Veteran" Jawa Timur
Keywords: Arsitektur ikonik, Creative Center, Malang

Abstract

Perkembangan dalam dunia arsitektur kini telah tumbuh dengan sangat pesat, Hal ini bisa diketahui dari sejumlah besar bangunan yang dibangun menggunakan pendekatan Arsitektur Ikonik di berbagai  manca negara. Arsitektur ikonik sendiri merupakan sebuah bentuk dari realisasi arsitektur yang bisa dijadikan sebuah penanda atau sebuah simbol kawasan atau daerah di lingkungan tersebut. Bangunan ikonik yang tercipta sangat berpengaruh  terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Objek studi bangunan dalam penelitian ini adalah Gedung Malang Creative Center yang terletak di wilayah kota Malang. Bangunan ini merupakan bangunan Creative Center pertama di terletak di wilayah kota Malang. Creative center sendiri merupakan sebuah wadah atau tempat penunjang layanan dan fasilitas tempat berkumpulnya pelaku kreatif yang ingin belajar, menjalin koneksi, menambah relasi dan mengembangkan kreativitasnya diberbagai bidang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi komponen bangunan yang membuat sebuah bangunan dapat dikatakan sebagai bangunan ikonik. Termasuk dalam kategori penelitian kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui metode studi pustaka, observasi, dan analisis data secara deskriptif analitik. Data yang diperoleh diolah dan di susun dikaji sehingga diperoleh kesimpulan bahwa bangunan Malang Creative Center dapat dikatakan sebagai bangunan Ikonik karena telah menerapkan beberapa elemen- elemen yang menjadi karakteristik ikonik seperti memiliki skala yang impresif, bentuk yang menakjubkan, mendapat daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya dan lokasi yang strategis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aatty, Hawraa M. S.; Al Slik, G. M. R. (2019). Iconic architecture and sustainability as a tool to attract the global attention Iconic architecture and sustainability as a tool to attract the global attention. IOP Publishing, IOP Conf. https://doi.org/10.1088/1757-.
Agil, S.B. (2019). Perancangan Gedung Pertunjukkan Seni Dengan Pendekatan Arsitektur Ikonik di Surabaya. Program Studi Arsitektur. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Andayani, G.S., dkk. (2019). Penerapan Pendekatan Arsitektur Ikonik Pada Fasad Bangunan Kawasan Pasar Johar Semarang. Program Studi Arsitektur. Universitas Trisakti.

Barrir Ibrahim, B. (2019). Peranan Kh Abdul Wahid Hasjim Dalam Perkembangan Partai Masyumi Tahun 1943-1953. Universitas Siliwangi.
Kedhi, I.H., dkk. (2022). Perancangan Museum Sejarah Pengasingan Soekarno Kabupaten Ende dengan Pendekatan Arsitektur Ikonik. Gewang. Vol. 4 No. 2, 91-99.

Kemenpankraf. 2021. Indonesia Menjadi Inisiator tahun Internasional Ekonomi Kreative Dunia. https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Indonesia-Menjadi Inisiator-Tahun-Internasional-Ekonomi-Kreatif-Dunia.

Meilanita, J. (2018, Januari 2018). 10 Elemen Rahasia Arsitektur Ikonik . Retrieved Juni 1, 2021, from Arsitag: https://www.arsitag.com/article/10-elemen-rahasiaarsitektur-ikonik.

Rahayu,G.D., dkk. (2021). Konsep Arsitektur Ikonik Pada Gedung Sekertariat ASEAN di Kebayoran Baru. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan & Lingkungan. Vol.10 No.2, 95-102.
Rahayu, G. D., Sardiyarso, E. S., & Handjajanti, S. (2020). Penerapan Prinsip Arsitektur Ikonik Dan Ciri Visual Terhadap Perancangan Bangunan Sekretariat Asean. In Prosiding Seminar Intelektual Muda (Vol. 2, No. 1).

Taroreh, B.J., dkk. (2018). Oceanarium Manado “Arsitektur Ikonik”. Mahasiswa Arsitektur. Unsrat.
Published
2024-05-30
How to Cite
Melinda, P., & Elviana, E. (2024). KAJIAN PENERAPAN ARSITEKTUR IKONIK PADA BANGUNAN MALANG CREATIVE CENTER. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 4(01), 44-52. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v4i01.6267
Section
Articles