Pengaruh Unsur Bentuk Simbol Terhadap Bangunan Ikonik Sea World Ancol

  • Indah Lestari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Heru Subiyantoro Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Keywords: Bangunan Ikonik, Oceanarium, Sea World Ancol, Simbol

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mayoritas wilayahnya ditutupi oleh lautan sehingga dikatakan sebagai negara maritim. Namun banyak masyarakat yang tidak menyadari akan kekayaan biota laut yang ada di perairan Indonesia karena minimnya pengetahuan. Faktor lain yaitu kurangnya fasilitas tempat edukasi yang memudahkan masyarakat seperti Sea World. Sea World atau Oceanarium adalah bangunan museum dengan biota laut sebagai objek pamer, dengan tujuan edukasi, rekreasi, observasi, dan konservasi biota laut. Bangunan ini merupakan salah satu sarana edukasi yang paling dikenal luas di masyarakat seperti Sea World Ancol. Sebuah bangunan yang menerapkan arsitektur ikonik dapat dikatakan sebagai sebuah landmark/simbolik yang kehadirannya memberikan dampak yang signifikan terhadap lingkungan sekitar, dengan kemampuan memasarkan citra kota di setiap negara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh unsur bentuk simbol terhadap bangunan ikonik pada studi kasus Sea World Ancol. Penelitian ini  menggunakan metodologi deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data sekunder melalui tinjauan literatur yang kemudian ditelaah dan diambil kesimpulannya. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya unsur bentuk simbol pada bangunan Sea World Ancol dapat mempengaruhi konsep ikonik suatu bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aatty, H. M. S., dan Al Slik, G. M. R. Iconic architecture and sustainability as a tool to attract the global attention. Dalam IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Institute of Physics Publishing, Jun 2019. doi: 10.1088/1757-899X/518/2/022076.
Asshofie, S., dkk. (2021). Studi Komparasi Arsitektur Metafora pada Bangunan Oceanarium. Prosiding Seminar Intelektual Muda #6 : Rekayasa Lingkungan Terbangun Berbasis Teknologi Berkelanjutan, FTSP Universitas Trisakti.
Broadbent, G. (1977). Design in Architecture: Architecture and the Human Sciences.
Harisah, A., dan Masiming, Z. (2008). Persepsi Manusia Terhadap Tanda, Simbol, dan Spasial. Jurnal SMARTek, vol. 6, no. 1.
Hasanah, U. (2022). Kajian Penerapan Konsep Ikonik pada Kantor Pemerintahan (Studi Kasus Kantor Walikota Banda Aceh). Undergraduate Thesis S1 Arsitektur, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Havidz, I., dan Ashadi, A. (2020). Kajian Arsitektur Simbolik Pada Bangunan Olahraga Jakarta International Velodrome. Jurnal Arsitektur ZONASI, vol. 3, no. 3, hlm. 265–271, Okt 2020, doi: 10.17509/jaz.v3i3.24964.
Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. (2018). Pemerintah Ciptakan Daya Saing Industri Perikanan Lebih Kompetitif dan Bantuan untuk Dorong Kesejahteraan Stakeholder Perikanan. Tersedia pada : https://kkp.go.id/.
Novelia, C., dkk. (2022). Komparasi Prinsip Arsitektur Ikonik Stadion Chandrabhaga dan Masjid Al-Barqah di Kota Bekasi. Kocenin : Konsorsium Cendekiawan Indonesia, vol. 3, no. 2.
Nuur, F., dkk. (2022). Penerapan Konsep Iconic Design sebagai Pembentuk pada Fasad Bangunan. TEKSTUR: Jurnal Arsitektur, vol. 3, no. 2.
Pawitro, I. U. (2012). Perkembangan ‘Arsitektur Ikonik’ di Berbagai Belahan Dunia. Tersedia pada: www.e-architect.co.uk.
Rahayu, G. D., dkk. (2020). Penerapan Prinsip Arsitektur Ikonik dan Ciri Visual Terhadap Perancangan Bangunan Sekretariat ASEAN. Prosiding Seminar Intelektual Muda #4 : Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Berbasis Riset dan Karya Desain, FTSP Universitas Trisakti.
Rahmah, A. A., dan Aqli, W. (2020). Konsep Arsitektur Biomimetik pada Bangunan Oseanarium. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur, vol. 5, no. 2, hlm. 297–306, Agu 2020, doi: 10.30822/arteks.v5i2.442.
Rudiantoro, L. D., dkk. (2022). Pengaruh Arsitektur Simbolik terhadap Banyuwangi Sea World Center. TEKSTUR: Jurnal Arsitektur, vol. 3, no. 1.
Sabaruddin, A. (2009). Nilai Simbol dalam Arsitektur. Tersedia pada : wordpress.com
Sari, N. Y., dkk. (2014). Konsep Desain Interior Sea World Indonesia. JURNAL TEKNIK POMITS vol. 2, no. 1.
Taroreh, J. B., dan Moniaga, I. L. (2018). Oceanarium di Manado. Arsitektur Ikonik. Jurnal Arsitektur DASENG, vol. 7, no. 1.
Sutrisno, M. (2014). Ikonitas dan Arsitektur Ikonik Rumpun Metafora: Kasus Sydney Opera House, Bilbao Guggenheim Museum dan Burj Al Ara. Undergraduate Thhesis S2 Teknik Arsitektur, Universitas Gajah Mada.
Symbol of Function. Tersedia pada : https://www.britannica.com
Unit Rekreasi Sea World Ancol. (2020). Tersedia pada : https://ancol.com/.
Wardani, L. K. (2010). Fungsi, Makna dan Simbol (Sebuah Kajian Teoritik). Seminar Jelajah Arsitektur Nusantara.
Published
2024-05-30
How to Cite
Lestari, I., & Subiyantoro, H. (2024). Pengaruh Unsur Bentuk Simbol Terhadap Bangunan Ikonik Sea World Ancol. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 4(01), 33-43. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v4i01.6265
Section
Articles