Penerapan Konsep Arsitektur Neo-Vernakular Melayu Pada Stadion Indoor Tennis di Deli Sport City

  • Aulia Muflih Nasution Universitas Medan Area http://orcid.org/0000-0002-4573-1064
  • Yusri Arifin, Mr. Universitas Medan Area
  • Suprayitno Suprayitno, Mr Universitas Medan Area
Keywords: Arsitektur Neo-Vernakular, Melayu, Stadion Tennis, PON XXI, Sumatera Utara dan Aceh

Abstract

Pada tanggal 19 November 2020 Provinsi Sumatera Utara dan Aceh dipilih bersama sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke-21 (PON XXI), sebuah perayaan multi-olahraga nasional yang diadakan setiap empat tahun sekali. Keputusan ini terintegrasi dalam Desain Besar Olahraga Nasional yang didukung oleh Perpres Nomor 86 Tahun 2021. Uniknya, PON kali ini menjadi sejarah baru dengan diselenggarakannya di dua provinsi sekaligus, yaitu Sumatera Utara dan Aceh. Deli serdang merupakan salah satu dari enam kota di Sumatera Utara yang terpilih sebagai tempat penyelenggaraan PON ke-21. Deli Sport City merupakan wadah yang dipersiapkan oleh pemerintah untuk menampung kegiatan Pekan Olahraga Nasional yang akan di lakukan di Kabupaten Kota Deli Serdang merupakan sebagai perwakilan dari Sumatera Utara yang dimana dalam penerapan desainnya mengusung konsep "kemajemukan budaya provinsi Sumatera Utara”. Untuk mencapai identitas dari Deli Serdang yang memiliki sebagian besar penduduk Melayu dan pada masa lampau merupakan kerajaan melayu maka pendekatan terhadap budaya melayu akan dilakukan untuk penerapan tema Arsitektur Neo-Vernakular yang akan menjadi tema pada perancangan Stadion Indoor Tennis di Deli Sport City. Arsitektur Neo Vernakular merupakan pendekatan desain yang mengangkat kemajemukan budaya baik dari segi elemen arsitektur yang sudah ada, baik secara fisik seperti bentuk, konstruksi, maupun secara non-fisik seperti konsep, filosofi, dan tata ruang. Dengan penerapan ini, memungkinkan elemen-elemen tradisional mengalami pembaruan, sejauh mana yang dibutuhkan, menuju rancangan yang lebih modern. Hasilnya diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman dan penerapan nilai-nilai budaya dalam perencanaan dan pembangunan kota olahraga, menciptakan ruang yang tidak hanya memfasilitasi kegiatan olahraga tetapi juga merayakan kekayaan warisan budaya provinsi Sumatera Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Archdaily. (2011, October 3). Diamond Arena / Atelier 11. Archdaily.
Ashadi. (2019). Konsep Desain Arsitektur. UMJ Press.
Ashadi, Anisa, & Nur’aini, R. D. (2018). Penerapan Metode Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Arsitektur. UMJ Press. https://www.researchgate.net/publication/324228125
Baskoro Tedjo. (2012). BASKORO TEDJO, Extending Sensibilities Through Design (Architectural Works 1997-2012) (D. A. H. A. Firman Irmansyah, Ed.). IMAJI.
Elharid, Z., Utomo, H., Topan, M. A., & Arsitektur, J. (n.d.). THE APPLICATION OF JOGLO HOUSE ELEMENTS IN THE DESIGN OF WAYANG ORANG BUILDING WITH NEO VERNACULAR PRINCIPLES. www.hdesignideas.com
Imam Yuda Saputra. (2023, March 22). Pemprov Sumut Tetapkan 8 Kabupaten/Kota Jadi Venue PON 2024. SoloPosSport.
KAMUS BAHASA INDONESIA. (n.d.).
Khuriyah, E., Fithroh, N., Faisal, M., & Bintardjo, B. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN NEO VERNAKULAR PADA PERANCANGAN FASILITAS PENGEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER DI KABUPATEN LAMONGAN. Jurnal Arsitektur, 3(2).
LG. (2020, November 19). SUMUT RESMI JADI TUAN RUMAH PON 2024 BERSAMA ACEH. Dinas Komunikasi Dan Informasi Sumatra Utara .
Penta Studio. (n.d.). Paparan Final Perancangan Master Plan Sport Center.
Ramanindra Wicaksono, M., & Anisa, D. (2020). KAJIAN PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR NEO VERNACULAR PADA DESA WISATA PASIR EURIH. In Seminar Karya & Pameran Arsitektur Indonesia.
Rambe, Y. S., & Nasution, A. M. (2023). Communication of building in Charles Jencks semiotics at KAKR Bamboo Hall: Vernacular buildings and semiotic trichotomy. ARTEKS : Jurnal Teknik Arsitektur, 8(3), 367–376. https://doi.org/10.30822/arteks.v8i3.2224
RNC. (2020, October 2). Sebaiknya Anda Tahu Sejarah PON dan Cara Menentukan Tuan Rumah Penyelenggaraan PON. Rakyat NTT .
Untarti, A. (2022). Penerapan Konsep Neo Vernakular dan Kebutuhan Pengguna pada Desain Terminal Bus Tipe A di Jepara Application of the Neo Vernacular Concept and User Needs in the Design of a Type A Bus Terminal in Jepara Informasi artikel. 4, 97–104.
URBANE. (2016). Masjid Raya Sumatera Barat. URBANE.
Published
2024-05-30
How to Cite
Nasution, A., Arifin, Y., & Suprayitno, S. (2024). Penerapan Konsep Arsitektur Neo-Vernakular Melayu Pada Stadion Indoor Tennis di Deli Sport City. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 4(01), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v4i01.6235
Section
Articles