PERANCANGAN MUSEUM BUDAYA KABUPATEN BOJONEGORO MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXTENDING TRADITION

  • Pungki Nur Indro Wicaksono Teknik Unisda Lamongan
  • M. Mukhdif Al-Afghoni Teknik Unisda Lamongan
Keywords: Budaya, , Museum Budaya Kabupaten Bojonegoro, Extending Tradition

Abstract

Budaya adalah  cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan terdiri dari banyak faktor, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, alat, pakaian, bangunan dan karya seni, dan bahasa, serta budaya, merupakan bagian integral dari manusia, sehingga banyak orang cenderung mempertimbangkannya. warisan yang diwarisi. Museum adalah lembaga publik. Fungsi museum adalah untuk mengumpulkan, memelihara, menyajikan dan  melestarikan warisan budaya untuk tujuan studi, penelitian atau dapat dipahami sebagai hiburan. Museum harus aktif dalam pengembangan etika. Untuk itu akan dirancang museum budaya Kabupaten Bojonegoro, dengan tujuan sebagai sarana edukasi dan promosi daerah.  Perancangan museum budaya ini mengambil tema perluasan tradisi sebagai  dasar dasar perancangan, sehingga integritas dan keramahan menjadi tujuan akhir dalam mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam museum ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Neufert, Ernest . 2002 . Data arsitek Jilid 1 (Dr. Ing Sunarto Tjahjadi, Trans ) . Jakarta : Airlangga
Pemkab Bojonegoro. 2020. Sejarah Kabupaten Bojonegoro, http://bojonegorokab.go.id/profile/sejarah-1 , di akses pada 15 Juni 2021.
Pemkab Bojonegoro. 2020. Geografi Kabupaten Bojonegoro, http://bojonegorokab.go.id/profile/geografi-2 , di akses pada 15 Juni 2021.
Museum Sonobudoyo Yogyakarta. 2001 . Profil Museum Sonobudoyo. http://www.sonobudoyo.com/id/ . di akses pada 18 Juni 2021.
Arsana, Tuba. 2016. Perancangan Museum Budaya Wali Songo di Kabupaten
Gresik (Tema : Extending Tradition ). Skirpsi Sarjana (Tidak diterbitkan). Malang: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Wilantaka, Yuangga Kinanta Agung. 2020. Perancangan Museum Di Kabupaten Bojonegoro Dengan Pendekatan Arsitektur Ikonik. Skirpsi Sarjana (Tidak diterbitkan). Surabaya: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Imtihany, Nailul. 2020. Keris Ki Jangkung Blong Pok Gonjo, Pusaka Khas Bojonegoro, http://radarbojonegoro.jawapos.com/read/2020/11/28/227304/keris-ki-jangkung-blong-pok-gonjo-pusaka-khas-bojonegoro, di akses pada 5 September 2021.
Published
2022-05-30
How to Cite
Wicaksono, P., & Al-Afghoni, M. (2022). PERANCANGAN MUSEUM BUDAYA KABUPATEN BOJONEGORO MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXTENDING TRADITION. DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 2(1), 39-51. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v2i1.3355
Section
Articles