ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN LAMONGAN (JALAN RAYA GRESIK-BABAT)

  • Ahmad Mukhtar Ali Indra Firdaus Teknik Unisda Lamongan
  • Lasmito Lasmito Teknik Unisda Lamongan
Keywords: kinerja manajerial, , sistem pengukuran kinerja, , komitmen organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas jalan raya di Jalan Raya Gresik-Babat Kabupaten Lamongan. Kecelakaan adalah suatu kejadian yang disebabkan oleh banyak faktor, yang intinya disebabkan oleh ketidakefisienan kombinasi faktor-faktor utama, yaitu: pengguna jalan (manusia), lingkungan, jalan dan fasilitas lalu lintas kendaraan. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anggota populasi untuk menjadi anggota sampel. Dengan demikian, proses pemilihan beberapa sampel n dari populasi N dilakukan secara acak. Uji yang digunakkan adalah percobaan menggunakan metode acak (Simple Random  Sampling). Faktor penyebab angka kecelakaan lalu lintas tertinggi di Kabupaten Lamongan adalah faktor pengemudi, dengan rata-rata 96,57% teridentifikasi sebagai penyebab tertinggi kecelakaan lalu lintas di semua kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Maududie & Wahyu Catur Wibowo. 2014. Perbaikan Inisialisasi K- Means Menggunakan Graf Hutan Yang Minimum. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen. Depok: Universitas Gunadarma.
AKBP Alamin. 2019. Data Kecelakaan Lalu Lintas Polda Jatim Tahun 2010 s/d 2019. Lamongan : Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Timur.
Anonim, 2009. Undang-undang Republik Indonesia No.22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Ayramo, S., P. Pirtala, et al. (2009). Mining road traffic accidents. Software and Computaional Engineering. U. o. Jyvaskyla. Jyvaskyla, Department of Mathematical Information Technology.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2019. Kabupaten Lamongan Dalam Angka 2019. Kabupaten Lamongan.
Brian S. Everitt, et al. 2011. Cluster Analysis 5th Edition. King’s College London, UK.
Harahap, G. 2015. Masalah Lalu lintas dan Pengembangan Jalan (DPU). Bandung. Idri, Ali. et al.2001. Fuzzy Analogy : A New Approach for Software Cost Estimation..
Junjie, Wu. 2012. Advances in K-means Clustering, Springer-Verlag. Berlin: Heidelberg.
Kusuma , Wisnu Ananta, Irman Hermadi, & Ardiansyah.2007. Analisis Metode Analogy Based Estimation untuk Perkiraan Biaya Perangkat Lunak. Institut Pertanian Bogor.
Marwoto., E. Eko Yulipriyono, & Joko Siswato. 2011. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Tol Krapyak – Srondol. Semarang: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang.
Mike Slinn, Paul Matthews and Peter Guest. 2005. Traffic Engineering Design, Second Edition: Principles and Practice, Linacre House, Jordan Hill:
Oxford
Mehmed, Kantardzic. 2011. Data Mining Concepts, Models, Methods, And Algorithms Second Edition, Published by John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
Nachrowi, Djalal Nachrowi, Hardius Usman. 2006. Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometruka untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan, Lembaga Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.
Published
2022-05-30
How to Cite
Indra Firdaus, A. M., & Lasmito, L. (2022). ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KABUPATEN LAMONGAN (JALAN RAYA GRESIK-BABAT). DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 2(1), 18-26. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v2i1.3353
Section
Articles