OPTIMALISASI ALOKASI AIR UNTUK IRIGASI DENGAN MENGGUNAKAN PROGAM LINIER (STUDI KASUS DAERAH IRIGASI AIR BENDUNGAN LAREN LAMONGAN JAWA TIMUR)

  • Hendrawan Zunaidi Efendi Fakultas Teknik UNISDA Lamongan
Keywords: Optimalisasi Air, Progam Linier

Abstract

Daerah Irigasi Laren berada di wilayah Kabupaten Lamongan yang melewati Kecamatan Laren dengan luas baku sawah 1.457 Ha. Sumber air irigasi dari Sungai Bengawan Solo melalui Bendung Laren. Terbatasnya jumlah air di musim kemarau dapat mengurangi pemberian air ke sawah. Untuk memaksimalkan produksi tani perlu peningkatan produktivitas lahan dan pemberian air yang teratur sesuai dengan kebutuhan dan persediaan. Untuk analisa ini digunakan program linier Quantity Methods for Windows 2 dengan input kebutuhan air tiap  jenis tanaman dan volume andalan  sebagai kendala/batasan untuk pengoperasian program linier. Output dari program ini ialah luas sawah maksimum tiap jenis tanaman, musim tanamnya dan keuntungan hasil tani yang didapat. Dari beberapa alternatif rencana, didapat pola tanam yang menghasilkan keuntungan  terbesar yaitu pola  tanam padi-palawija, padi, palawija pada awal tanam Desember III dengan pendapatan Rp 37.135.920.000 dan keuntungan Rp 697.807.000 dari kondisi tanam eksisting serta intensitas tanam 242,41 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Arifin. 2011. Operasi dan Pemeliharaan Daerah Irigasi Bago Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur. Skripsi. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Direktorat Jendral Pengairan. 1986. Standar Perencanaan Irigasi KP-01. Subdit Perencanaan Teknis Dirjen Pengairan.
pksm.mercubuana.ac.id
Sidharta, S.K. 1997. Irigasi Dan Bangunan Air. Jakarta: Gunadarma.
Soemarto, CD. 1987. Hidrologi Teknik. Jakarta: Penerbit Usaha Nasional
Sosrodarsono, Suyono. 1985. Hidrologi Untuk Pengairan edisi 5. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Subagyo, Pangestu. 2010. Statiska Terapan. BPFE. Yogyakarta.
Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi.
Talitha, Juan. 2010. Studi Optimasi Pola Tanam Pada Daerah Irigasi Jatiroto Dengan Menggunakan Program Linier. Skripsi. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Taufan, Mochamad. 2013. Studi Optimasi Pola Tanam Pola Tanam Pada Daerah Irigasi Konto Surabaya Dengan Menggunakan Program Linier. Skripsi. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Triatmodjo, Bambang. 2009. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Beta Offset.
Published
2021-11-30
How to Cite
Efendi, H. (2021). OPTIMALISASI ALOKASI AIR UNTUK IRIGASI DENGAN MENGGUNAKAN PROGAM LINIER (STUDI KASUS DAERAH IRIGASI AIR BENDUNGAN LAREN LAMONGAN JAWA TIMUR). DEARSIP : Journal of Architecture and Civil, 1(2), 79-92. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dearsip.v1i2.2905
Section
Articles