PERAN PENGAWAS SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

  • Mu'ani Mu'ani Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Mahmutarom Halimun Rasyid Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Sari Hernawati Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Nur Cholid Universitas Wahid Hasyim Semarang
Keywords: Pengawas PAI, Moderasi Beragama, Guru PAI

Abstract

Kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terus selalu dikembangkan karena PAI sebuah mata pelajaran sebagai pembentuk karakter, etika, dan akhlak siswa. Selain itu PAI membentuk sebuah keyakinan keagmaan yang benar. Sehingga jangan sampai anak didik salah dalam memahami agama yang membuat etika dan keimanan siswa tidak sejalan dengan nilai-nilai Islam. Dalam konteks ini Pengawas Pendidikan Agama Islam harus berperan aktif dalam penggunaan dan pengembangan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI. Peran pengawas bisa diwujdukan dengan mengoptimalkan supervise akaedmik, menjadi motivator untuk menggerakan guru PAI dalam mengembangkan moderasi beragama. Peneliti melakukan pengembangan-pengembangan moderasi beragama, menjadi peneliti untuk melakukan pengembangan-pengembangan moderasi beragama, menjadi penilai untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran, kurikulum, peran guru PAI, dan organisasi keagamaan siswa demi cerciptanya pembelajaran dan menerapkan moderasi beragama melalu peran pengawas sekolah PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam and Dickey, Basic Principles of Supervision, (New York: American Book Company, 1959
Agus Adisantoso, Success Story Pengawas Sekolah SMP, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi 1, 2018
Agus Arif Adha, Konsep Islam Moderat Dalam Tafsir Al-Qur’an (Studi Atas Ayat-Ayat Jihad Dalam Tafsir Al-Huda), Tesis, Program Studi Magister Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Konsentrasi Ilmu Tafsir Program Pascasarjana Institut Ptiq Jakarta 2019 M. / 1441 H
AM .Sadirman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anas .Herman. dkk.2020 . Pengajaran PAI dan Problematikanya di Sekolah Umum Tingkat SMP, RSJ Journal, Volume 1 1 April.
Azami. Tomi.2018. Kurikulum Pai Kontra Radikalisme (Studi Kasus Di Ma Al-Asror Semarang) Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN WALISONGO SEMARANG.
Berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dalam pasal 1 ayat 4
Citra Lipia Dewi. 2021. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Mencegah Paham Radikalisme Pada Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Istitut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu.
Departemen Agama RI Pedoman Pengawas Pendidikan Agama Islam pada SD, SMP, SMA Dan SMK. (Jakarta: 2007).
Elok. Novia. 2022. Konsep Dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Sikap Sosio-Religius Dan Toleransi Beragama Di Universitas Merdeka Malang. Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Halik .Abdul. 2016. Strategi Kepala Madrasah dan Guru dalam Pencegahan Paham Islam Radikal di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mamuju. Makassa: Universitas Islam Negeri Alauddin,
Hasim dkk. 2021. Pendidikan Anti Kekerasan Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Organisasi Kerohanian Islam (Rohis) Sma Negeri 1 Karanganom, Prosiding Seminar Nasional Membangun Desa Uns, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat "Pemberdayaan Masyarakat Guna Mendukung Produktivitas Pasca Pandemi" Surakarta, 7-8 Oktober.
Huriani. Yeni. 2022. Buku Saku Moderasi Beragama untuk Perempuan Muslim. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bandung.
M. Saekan Muchith, Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan Stain Kudus,Jawa Tengah, Indonesia ADDIN, Vol. 10, No. 1, Februari 2016
Malik . A. Fadjar. 1999. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fadjar Dunia
Musbahaeri, Optimalisasi Kedudukan, Tugas Pokok, Dan Fungsi Pengawas Pendidikan Agama Islam (Pai) Didaktika Jurnal Kependidikan, Jurusan Tarbiyah Stain Watampone, Vol. 11 No. 2, Desember 2017
Mushthofa. Alwi. Dkk. Studi Deskriptif Kinerja Pengawas Pai Dalam Membantu Meningkatkan Profesionalitas Pengawas Pai Di Kabupaten Gunungkidul. Artikel, 2
Naelul. Muhammad. Mubarok. 2019. Pendidikan Agama Islam Penangkal Radikalisme Sri Mulya Nurhakiky , IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam | Volume 2 No. 01.
Nur Ahid. 2010. Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nur. Muhammad Adnan Saputra.dkk. 2021. Urgensi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Fenomena Radikalisme Di Indonesia, Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme Vol. 3, No. 1.
Paraba. Hadrja,2000. Wawasan Tugas Tenaga Guru Dan Pembina Pendidikan Agama Islam. Cet.II; Jakarta : Friska Agunng Insani.
Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Di Sekolah
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah (Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional,2012)
Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 14 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah (Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional, 2007)
Prof. Dr. Ikhfan Haris, M.Sc; dkk. Manajemen Kepengawasan Fungsional Pendidikan, Ung Press Gorontalo: PENERBIT UNG Press Gorontalo Anggota IKAPI, Oktober 2018
Raiis . Ahmad. H. Raml, 2016. Peranan Pengawas Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Sd Di Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar.
Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rosyad .Rifki. Paelani Setia.tt. Kampanye Moderasi Beragama: Dari Tradisional Menuju Digital. Paelani Setia Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Saprialman. 2018. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Paham Radikalisme Bagi Siswa Di Mts Irsyadul Anam Kiyudan Selomartani Kalasan Sleman Yogyakarta, TESIS Diajukan kepada Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Untuk memenuhi salah satu syarat guna Memperoleh Gelar Magister Pendidikan YOGYAKARTA
Setyawati. Putri. Dkk. 2020. Peran Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri 002 Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, eJournal Administrasi Negara.
Suprastowo.Philip. PU dkk. 2018. Menangkal Radikalisme Dalam Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan.
Tim Penyusun, TANYA JAWAB MODERASI BERAGAMA, oleh Kementerian Agama RI Diterbitkan oleh: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama 2019.
Tim Punyusun, Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Era New Normal, Pemerintah Provonsi Jawa Timur Dinas Pendidikan, Surabaya, 2020
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 37
Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003.
W. J. S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007,edisi. 3, hal. 1364
Baca artikel CNN Indonesia "Rohis, OSIS dan Isu Radikalisme" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170723100656-20-229719/rohis-osis-dan-isu-radikalisme. diakses 9/5/2023
Baca selengkapnya di artikel "Menjaga Kegiatan Rohis Sekolah dari Radikalisme", https://tirto.id/cpi1 diakses 9/5/2023
https://jatengprov.go.id/publik/ganjar-temukan-7-kepala-sekolah-diduga-terindikasi-radikalisme/ diakses 30/04/2023
https://news.republika.co.id/berita/p9nc8j396/strategi-mencegah-radikalisme-di-sekolah diakses 30/04/2023
Published
2024-06-04
How to Cite
Mu’ani, M., Rasyid, M., Hernawati, S., & Cholid, N. (2024). PERAN PENGAWAS SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 11(1), 183-204. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v11i1.6616
Section
Articles