NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM BUDAYA TRADISI JAMU LAUT PADA MASYARAKAT MELAYU PESISIR DESA JARING HALUS

  • Dwi Liza Alfrilia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Retno Sayekti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nasihudin Ali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Tradisi Jamu Laut, Desa Jaring Halus, Masyarakat Melayu, Pesisir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tradisi jamu laut masyarakat melayu pesisir di Desa Jaring Halus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat" yang terfokus pada sejarah terjadinya tradisi jamu laut yang ada di Desa Jaring Halus. Tujuan dari penelitian ini bahwa tradisi Jamu Laut ini sangat berarti bagi masyarakat Desa Jaring Halus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitan sejarah. Model yang digunakan dalam penelitian ini merupakan yang disarankan oleh Garraghan dengan langkah-langkah yaitu, Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi dan Historiografi. Teknik pengumpulan data dengan dilakukannya 3 tahap yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini dapat ditemukan dalam beberapa hal mengenai Tradisi Jamu Laut di Desa Jaring Halus, bahwa tradisi jamu laut pada Desa Jaring Halus merupakan tradisi yang sangat melekat pada jiwa masyarakat Desa Jaring Halus. Implikasi dari penelitian ini ialah dapat melihat kembali warisan budaya, mendapatkan nilai-nilai moral yang terkandung didalam tradisi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

asa Banjar Hulu: Pengukuhan Warisan Tradisi Lokal Kebudayaan Bangsa.” In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Ibu (SNBI IX), Vol. 7386, 2016.
Madriani, Revi. “Living Teologi Tradisi Tolak Bala Bepapas Pada Masyarakat Desa Parit Setia Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.” Jurnal Penelitian Ilmu Usuluddin 1, no. 3 (2021).
Sembiring, Markus. “Persepsi Masyarakat Terhadap Keberlanjutan Pelaksanaan Tradisi Jamu Laut Di Desa Jaring Halus Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat.” Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan 13, no. 3 (2019): 275–85.
Tarwiyani, Tri, Ade Karnesyah, Devi Liana Sari, and Fitri Yanti. “The Concept of Education in the Expression of" Hutang Orang Tua" towards Children and Its Relevance to the Profile of Pelajar Pancasila.” CAHAYA PENDIDIKAN 9, no. 2 (2023): 173–82.
Wildah, Adiba Zahrotul. “Sinkretisme Agama Kasus Ritual Baritan (Sedekah Laut) Di Desa Asem Doyong Pemalang,” 2018.
Published
2024-05-21
How to Cite
Alfrilia, D., Sayekti, R., & Ali, N. (2024). NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM BUDAYA TRADISI JAMU LAUT PADA MASYARAKAT MELAYU PESISIR DESA JARING HALUS. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 11(1), 158-171. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/darelilmi.v11i1.6546
Section
Articles